Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce

Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce - Bojonegoro daerah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Bojonegoro terkenal dengan seni kerajinan ukir kayu dan kerajinan batik yang beranekaragam motif dan beranekaragam makna.

Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce

Keunikan batik darah Bojonegoro terbentuk dari unsur - unsur desain dan budaya setempat. Kondisi alam pegunungan yang subur menginspirasi para penggiat batik dalam menciptakan motif batik daerah Bojonegoro.

Keindahan corak batik Bojonegoro merupakan sebuah wujud kepedulian masyarakat setempat dalam melestarikan budaya lokal dan kepedulian terhadap keberadaan benda - benda alam sekitar yang akrab dengan kehidupan masyarakat setempat. Salah satu motif batik yang berasal dari Bojonegoro adalah Motif Gatra Rinonce. 

Corak motif Gatra Rinonce secara visual mempunyai corak yang khas dan tidak dijumpai pada seni kerajinan batik di daerah lain. Desain motif berupa perpaduan RIG yaitu alat mengambil minyak gas bumi digambarkan berupa sulur dan bunga yang saling berhubungan satu sama lain.

Ditinjau dari segi pewarnaan motif gatra rinonce beranekaragam warna yang mengandung makna simbolis misalnya warna hijau dan warna kuning melambangkan kemakmuran, kemuliaan dan keindahan.

Kata Gatra Rinonce berasal dari kata Ga (gas) Tra (Patra) minyak dan Rinonce berarti rangkaian, susunan, penataan satu persatu dan sejenisnya yang dirangkai menjadi satu kesatuan utuh serta indah.

Motif Gatra rinonce menggambarkan adanya gas minyak bumi di daerah tersebut dan jika dikelola dengan baik serta menjaga kelestarian dan keseimbangan alam dapat memberikan bermanfaat bagi kehidupan manusia, meningkatkan taraf hidup, harkat dan martabat Bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat Bojonegoro.

Demikian ulasan seputar  Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bojonegoro Motif Gatra Rinonce. Dapatkan ulasan kesenian motif batik lainya yang berasal Bojonegoro dan karya seni budaya tradisional nusantara dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel