Potensi Keindahan dan Makna Seni Ragam Hias Batik Gerwasi Gresik Jawa Timur

Potensi Keindahan dan Makna Seni Ragam Hias Batik Gerwasi Gresik Jawa Timur -  Batik Gerwasi Gresik merupakan salah satu dari sekian banyak batik daerah nusantara walaupun tidak terkenal seperti kain batik yang berasal dari daerah - daerah lainya seperti batik Pekalongan, Cirebon, Yogyakarta dan Surakarta.

Potensi Keindahan dan Makna Seni Ragam Hias Batik Gerwasi Gresik Jawa Timur

Batik Gerwasi juga merupakan salah satu batik yang terkenal dari Gresik Jawa Timur. Warna - warna yang digunakan dalam desain batik Gerwasi dibuat dengan bahan pewarna alami yang menghasilkan warna natural.

Motif batik Gerwasi bukanlah sebuah motif batik belaka tetapi terdapat makna cerita yang terkandung didalam motif tersebut. Cerita yang terkandung pada motif Gerwasi lebih mengangkat  budaya masyarakat Gresik yaitu motif pasar Ikan yang menceritakan kehidupan nelayan yang menangkap ikan hingga pada penjualan ikan.

Batik Gerwasi merupakan sebuah ekspresi pembatik yang menuangkan sebuah alur cerita kehidupan nelayan menangkap ikan sampai pada penjualan ikan.

Batik Gerwasi sebagai salah satu motif batik yang khas dengan mengangkat tema budaya daerah setempat melalui selembar kain batik yang tidak terdapat pada motif daerah lain begitu juga makna yang terkandung didalam motifnya.

Selain bercerita tentang kehidupan nelayan yang tertuang pada motif Gerwasi, batik tersebut juga menonjolkan keindahan kota Gresik. Adapun batik Gerwasi dengan motif lain yang tidak terlepas dari budaya setempat yaitu motif sisik bandeng, ombak dan motif suluran bunga khas kota Gresik.

Keindahan motif batik Gerwasi dan pewarnaan yang natural diaplikasikan dengan desain kebaya. 

Demikian ulasan seputar keunikan dan Potensi Keindahan dan Makna Seni Ragam Hias Batik Gerwasi Gresik Jawa Timur. Dapatkan keunikan menarik lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari Gresik dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel