Seni Ragam Hias Batik Gresik Pamilunto dan Filosofi Penamaan Batik

Seni Ragam Hias Batik Gresik Pamilunto dan Filosofi Penamaan Batik - Batik merupakan karya seni asli Indonesia yang dari setiap motifnya mencirikan dari mana batik tersebut berasal. Karya seni batik hampir dapat dijumpai di daerah - daerah dari kota hingga pelosok nusantara.

Keberadaan motif batik jika dirunut dari sejarahnya telah ada sejak zaman dahulu yang kemudian menyebar keberbagai daerah - daerah yang awalnya batik hanya berkembang dilingkungan kraton mulai berkembang keluar lingkungan kraton.

Seni Ragam Hias Batik Gresik Pamilunto dan Filosofi Penamaan Batik

Seiring dengan perkembangan zaman batik nusantara terdapat berbagai macam ragam motif batik. Motif batik yang dibuat oleh para perajin batik daerah satu dengan lainya berbeda - beda baik dari segi corak, makna, warna dan sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya batik menjadi salah satu budaya nusantara yang telah diakui keberadaanya, sehingga tidak jarang kita jumpai batik - batik daerah yang berasal dari Jawa Tengah seperti batik Pekalongan, Yogyakarta, Surakarta dan daerah lainya.

Dari beberapa daerah penghasil batik salah satunya yaitu daerah Gresik Jawa Timur. Batik Gresik Jawa Timur dalam pembuatan motifnya bercorak budaya daerah setempat seperti batik ikan yang menginspirasi dalam pembuatan motif batik Gresik.

Motif batik Gresik dibuat menjadi hak paten pemerintah daerah setempat. Motif batik Pamilunto merupakan batik yang menjadi hak paten pemerintah kota Gresik yang menyimpan sejarah dalam pembuatanya yaitu ketika Bupati Gresik mengadakan lomba desain batik di Pendopo Bupati oleh Dekrasnada Gresik.

Filosofi penamaan terhadap Batik Pamilunto berasal dari kata  bahasa jawa setempat "pulut" yang artinya perekat. Batik Pamilunto dirancang dengan menggabungkan berbagai aspek yaitu aspek perdagangan, Industri, sejarah, ekonomi dan budaya.

Secara visual gambar batik pamilunto terbentuk dari gabungan beberapa gambar diantaranya gambar :

- gambar ikan
- pabrik
- gapura makam Sunan Giri  dan Maulana Malik Ibrahim
- bandeng
- kepiting
- kapal rakyat
- pudak
- rusa bawean. 

Gambar - gambar tersebut diganung dengan berbagai motif ornamen pada selembar kain batik yaitu motif :

- Motif Ornamen Sisik
- Kawung
- Truntum
- Semen
- Grompol Danatirta
- Selingcecek Pitu
- Parang Barja

Demikian seputar ulasan motif batik Seni Ragam Hias Batik Gresik Pamilunto dan Filosofi Penamaan Batik. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar kesenian daerah yang berasal dari Gresik Jawa timur dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel