Macam Corak Motif Batik Seni Ornamen Gresik Jawa Timur

Macam Corak Motif  Batik Seni Ornamen Gresik Jawa Timur -  Gresik merupakan sebuah nama kota Kabupaten yang terletak di Jawa timur. Di daerah tersebut berkembang jenis kesenian tradisional yang menjadi budaya khas daerah Gresik. Salah satu jenis kesenian yang berkembang dan merupakan budaya khas daerah adalah kesenian batik.

Batik Gresik memiliki berbagai ragam corak dan jenisnya dengan desain warna yang indah dan menarik. Motif batik yang terkenal dari daerah tersebut adalah motif batik loh bandeng atau ikan bandeng.

Macam Corak Motif  Batik Seni Ornamen Gresik Jawa Timur

Batik ikan bandeng atau loh bandeng pertama kali digagas oleh Anang Syamsul Arifin dari Sanggar Rumpaka Mulya di Gresik Jawa Timur. Bentuk motif ikan bandeng mengambil keseluruhan dari bentuk bandeng dari kepala hingga ekor ikon.

Pada zaman dahulu batik Gresik hanya dikenakan oleh para raja dan kerabatnya tetapi seiring dengan perkembangan zaman batik Gresik dikenakan diberbagai kalangan. Perkembangan batik Gresik juga terdapat pada motif yang berinovasi menggunakan motif hewan dan tumbuhan yaitu tumbuhan bawean dan tumbuhan bakau.

Motif batik Gresik lainya dengan mengangkat budaya kesenian sang maestro yaitu Damar Kurung Masmundari yang diaplikasikan menjadi bentuk motif batik. Adapun makna yang terkandung pada batik Damar Kurung menceritakan karakter dan kegiatan masyarakat Gresik.

Secara visual motif batik Gresik motif ikan bandeng dan Damar Kurung terbuat dari bahan pewarna sintetis  dari pabrik. Sedangkan ditinjau dari segi kecerahan batik motif ikan bandeng lebih berwarna gelap dan batik damar kurung menggunakan warna yang lebih terang.

Selain kedua motif ikan bandeng dan damar kurung yaitu batik dulit sisik bandeng Warna yang digunakan pada motif dulit sisik bandeng dibuat tanpa bahan kimia  tetapi menggunakan pewarna alami seperti tanaman atau daun yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah dan proses pewarnaan kain dengan dioleskan menggunakan kanvas pada kain .

Demikian ulasan seputar Macam Corak Motif  Batik Seni Ornamen Gresik Jawa Timur. Dapatkan juga ulasan seputar kesenian daerah yang terdapat di daerah Gresik dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel