Makna dan Keunikan Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Banji Tepak

Makna dan Keunikan Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Banji Tepak - Indramayu terletak di daeah pesisir atau disebut dengan daerah pesisiran karena letaknya berdekatan dengan pantai utara pulau Jawa. Dari daera tersebut terlahir berbagai macam jenis kesenian yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Kesenian yang berkembang di Indramayu adalah seni tari diantaranya tari tradisional, Kesenian Tarling, Kesenian Sintren dan masih banyak lagi kesenian yang berasal dari daerah pesisir ini dengan berbagai ragam keunikanya tersendiri.

Makna dan Keunikan Seni Ragam Hias Batik Indramayu Motif Banji Tepak

Selain jenis seni pertunjukan daerah Indramayu juga berkembang kesenian batik yang dikenal dengan batik Dermayon dan batik Paoman. Corak batik terinspirasi dari keindahan alam dan peristiwa yang terjadi didaerah tersebut.

Keindahan alam Indramyu menginspirasi para perajin batik dalam merancang motif - motif yang unik. Budaya masyarakat Indramayu dengan latar belakang kehidupan nelayan dan petani yang menjadi ciri batik daerah Indramayu.

Ornamen atau ragam hias batik Indramayu yang dibuat adalah motif Banji Tepak. Motif tersebut disusun pada tiap ujungnya menyambung atau swastika tertutup. Makna yang terkandung dalam motif Banji Tepak adalah keteraturan kehidupan.

Nama Bandji berasal dari bahasa Tionghoa yang berarti ban atau sepuluh dan dzi yang melambangkan murah rezeki dan kebahagiaan yang berlipat ganda. Motif banji Tepak adalah berupa kotak perhiasan yang dirangkai dengan ornamen swastika yang saling terkunci.

Motif Banji Tepak batik Indramayu menggambarkan kotak yang berisi anekaragam hias yang alam budaya Indramayu kekayaan ikan, udang, burung, binatang piaraan, persawahan dan aneka tumbuhan yang selalu dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

Batik tersebut juga menggambarkan budaya masyarakat dengan mata pencaharian di daerah Paoman, Babadan dan Penganjang Kabupaten Indramayu.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel