Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jambi Motif Batik Bungo Keladi

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jambi Motif Batik Bungo Keladi - Batik Jambi merupakan batik yang berasal dari daerah Jambi. Terdapat berbagai macam ragam motif yang dibuat oleh para perajin batik di daerah tersebut. Keunikan batik Jambi tampak pada motif yang tidak dijumpai pada karya batik daerah lain.

Keunikan batik Jambi terletak pada motif batik dan pewarnaan batik yang khas. Bahan pewarna yang digunakan dalam mewarnai batik dengan meemanfaatkan potensi alam yang ada atau diambil dari tumbuh - tumbuhan yang disekitar wilayah Jambi.

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jambi Motif Batik Bungo Keladi

Pembuatan warna untuk mewarnai batik Jambi dengan meramuu beberapa anekaragam jenis kayu dan tumbuhan seperti : getah kayu lambato, buah kayu bulian, daun pandan, kayu tinggi, kayu sepang, dan lain sebagainya.

Ditinjau dari segi bentuk motifnya batik Jambi dibuat dengan motif yang tidak berangkai sehingga lebih banyak bidang - bidang kosong hal ini merupakan salah satu dari ciri khas batik Jambi yang berbentuk sederhana dan kemandirian motif, lebih jelasnya seperti yang tampak pada gambar.

Dari beberapa motif batik yang berasal dari daerah Jambi salah satunya adalah motif Bungo Keladi.

Keladi merupakan tumbuhan yang berasal dari tumbuhan Brazil dan telah menyebar ke seluruh dunia. Ciri dari adalah Bentuk daun keladi menyerupai bentuk simbol hati atau jantung. licin dan mengandung lapisan lilin.

Keladi pada umumnya digunakan untuk menyebut tumbuhan dar genus Caladium atau suku talas- talasan (Araceae). Keladi juga digunakan untuk menyebut tumbuhan lain yang masih sekerabat. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai untuk tanaman hias pekarangan.

Demikian ulasan Keunikan Seni Ragam Hias Batik Jambi Motif Batik Bungo Keladi. Dapatkan ulasan kesenian daerah yang berasal dari Jambi dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel