Belajar Membuat Karya Seni Rupa

Belajar Membuat Karya Seni Rupa - Bagaimana membuat karya seni rupa? Berdasarkan pembuatanya dari teknik yang digunakan dalam membuat karya seni rupa terapan daerah kebanyakan masih daerah dan lain halnya dengan seni rupa modern karena masih menggunakan ketrampilan tangan, contohnya dengan menggunakan alat yang diputar dari kayu dalam membuat teknik putar dan sebagainya.

Berikut ini teknik dalam membuat karya seni rupa terapan daerah setempat yang terdiri atas karya seni rupa terapan dengan wujud dua dimensi antara lain :

Belajar membuat karya seni rupa

Teknik kerajinan kain batik

Tanpa meninggalkan teknik lama dari yang diwariskan secara turun - temurun, dan batik sendiri juga telah mengalami perkembangan. Berikut ini teknik batik yang kita kenal di Nusantara diantaranya :  

Batik tulis cara pembuatan batik dengan teknik menggambar yang berupa motif batik dengan menggunakan canting diatas kain. Sedangkan fungsi canting adalah merupakan alat khusus dalam menggambar motif yang berisi lilin atau malam panas untuk menutup bagian tertentu dan disesuaikan dengan pola yang dibuat. Batik ini lebih unggul jika dibanding dengan batik lain.

Batik cap adalah cara membuatnya dengan menggunakan teknik cap atau stempel, dan bahannya terbuat dari tembaga yang dibubuhi malam atau cairan lilin panas.

Batik Sablon Cara membuatnya dengan menggunakan alat klise (hand printing). Motif batik yang telah terbuat dibuat yang berupa klise lalu dicetak.

Batik printing ini mirip dengan batik sablon yang cara membuatnya dengan menggunakan teknik printing atau lebih modern dengan menggunakan alat mesin.

Batik lukis Cara membuatnya dengan teknik melukiskan langsung diatas kain. motif serta alat yang digunakan lebih bebas.

Teknik kerajinan wayang kulit adalah dengan menggunakan teknik pahat dan sungging dalam proses pembuatanya serta menggunakan bahan cat dan alat yang sederhana. Sedangkan desain wayang kulit dibuat dengan pakem yang telah ditetapkan dari warisan nenek moyang.

Teknik kerajinan kain tenun adalah dengan menggunakan alat tenun untuk memintal benang sedikit demi sedikit yang merupakan cara dalam membuat kain tenun, sehingga menjadi kain dengan ragam hias yang indah. Alat yang digunakan adalah terbuat dari kayu dan bambu.

Teknik kerajinan sulaman atau bordir cara membuatnya dengan menggunakan mesin jahit atau menggunakan teknik tusuk jarum.

Demikian Belajar membuat karya seni rupa semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel