Cara Belajar Penguasaan Teknik Vokal

Cara Belajar Penguasaan Teknik Vokal - Penguasaan teknik vokal untuk menyanyi Solo dan menyanyi dalam paduan suara pada hakekatnya adalah sama. Teknik vokal ini berfungsi untuk menunjang atau melayani ekspresi. 

Di dalam kehidupan sehari - hari dapat kita lihat bahwa orang yang berbicara dengan ucapan yang jelas mengungkapkan isi hatinya akan lebih mudah di mengerti oleh orang lain. Dengan teknik berbicara yang baik komunikasi akan lebih lancar.

Begitu pula halnya dengan menyanyi dengan penguasaan teknik vokal akan dapat memperlancar dan meningkatkan ekspresi musik. Di sini bukan bermaksud kita membicarakan teknik vokal secara terperinci, akan tetapi mengutarakan hal- hal yang perlu diperhatikan  di dalam meningkatkan mutu paduan suara itu sendiri antara lain:

Cara belajar penguasaan teknik vokal

Penguasaan nafas dalam bernyanyi dan meningkatkan mutu alat - alat resonansi melalui latihan yang teratur, sehingga dapat dicapai sonoritas yang diperlukan dalam paduan suara.

Kekompakan dan keseragaman bunyi (a,e,i,o,u dan vokal rangkap) yang disebut juga homogenitas atau blend. Pengucapan kata- kata harus terang, jelas serta tajam.

Memelihara Intonasi kepekaan terhadap nada merupakan hal yang sangat mutlak dalam musik. Kemurnian nada dapat dicapai dengan penguasaan pernafasan yang baik, penggunaan alat- alat resonansi secara tepat, dan artikulasi yang benar.

Seseorang yang selalu cermat dalam Intonasi akan senantiasa dapat menyanyikan interval- interval yang sederhana sampai kepada interval yang rumit dengan nada tepat dan tidak meliuk - liuk.

Memulai dan mengakhiri kalimat (attack dan release)

Untuk memulai setiap bagian lagu harus jelas suku kata yang dinyanyikan sesuai dengan nada yang diminta, pengucapanya harus serentak dan lembut bila diminta lembut (attack). Suku kata pada akhir kalimat harus bersih dan rapi.

Mengakhiri suatu bagian lagu harus bersih dan rapi (Serempak) sesuai dengan yang diminta (release). Penguasaan hal- hal tersebut akan dapat mempermudah dirigen melatih keseimbangan antara golongan - golongan suara. Oleh karena itu seorang pemimpin paduan suara harus menguasai teknik pembinaan suara dan hal - hal lainya yang dikerjakan untuk meningkatkan mutu penyajian paduan suaranya. 

Demikian Cara belajar penguasaan teknik vokal semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel