Fungsi Karya Seni Rupa Daerah Berdasarkan Bentuk, Bahan dan Teknik

Fungsi Karya Seni Rupa Daerah Berdasarkan Bentuk, Bahan dan Teknik - Bentuk seni adalah juga merupakan perwujudan dari seni rupa yang memiliki beberapa unsur - unsur seni rupa seperti garis, bidang, warna, tekstur, dan volume. Selain itu, dengan ukuran sebuah karya karya, baik teknik, bahan, maupun kegunaannya merupakan bentuk dari pengelompokan. Seni rupa dan seni murni adalah merupakan pengelompokan seni rupa secara garis besar.

Seni Murni (Fine Art/Pure Art) dalam penciptaanya lebih mengutamakan unsur ekspresi jiwa pembuat atau seniman dengan tidak mengutamakan fungsi serta kegunaan tertentu dan mengutamakan segi estetik dan artistik, sehingga seni murni identik dengan kebebasan dalam berekspresi. Berikut ini jenis seni yang termasuk dalam kelompok jenis ini antara lain :
  • Seni lukis merupakan seni rupa dua dimensi atau berdimensi dua, dari berdasarkan sejarahnya seni lukis telah mencapai ribuan tahun yang lalu dari berdasarkan peninggalan jejak pada dinding gua yang mengindikasikan sebelum zaman prasejarah kegiatan seni telah ada. Perkembangan seni ditandai dengan berbagai macam aliran seperti gaya naturalis, ekspresionisme dan masih banyak lagi.
  • Seni Patung merupakan wujud seni rupa berwujud tiga dimensi atau berdimensi tiga, berdasarkan sejarah patung diciptakan untuk ritual pemujaan dan bahan yang digunakan untuk membuat patung biasanya terbuat dari kayu atau bongkahan batu dan patung hingga sekarang teknik pembuatan terus mengalami perkembangan seperti teknik memahat, membutsir mengukir dan cor. Sedangkan bahan yang digunakan beragam seperti platisin, lilin, bubur kertas, semen gips, sabun dan sebagainya.

Fungsi karya seni rupa daerah berdasarkan bentuk, bahan dan teknik

Seni Pakai (Applied Art) seni yang diciptakan dengan mengutamakan fungsi tanpa menghilangkan nilai estetis, contoh seni terapan tersebut antara lain : dekorasi, reklame, ilustrasi, kerajinan, arsitektur, keramik, batik dan grafika atau cetak mencetak.
  • Seni Grafis cara pembuatanya dengan dicetak yang dapat digandakan lebih banyak dan telah 1000 tahun lalu seni grafis berkembang di Cina dan di Eropa telah 600 tahun lalu. Seni grafis terbagi menjadi beberapa diantaranya cetak tinggi, cetak dalam, cetak datar, cetak tunggal, dan cetak saring.
  • Seni Keramik seni yang berwujud tiga dimensi dengan melalui pembakaran pada suhu tertentu dan terbuat dari tanah liat, sedangkan sekarang untuk bahan membuat keramik terdapat beberapa diantaranya earthenware, stoneware, kaolin, dan silika.

Fungsi karya seni rupa daerah berdasarkan bentuk, bahan, teknik dan kegunaan

  • Desain Produk memiliki bentuk tiga dimensi, benda - benda tersebut  pada umumnya digunakan untuk kebutuhan sehari - hari seperti perhiasan, mainan, sepatu pakaian dan alat tulis, dan masih banyak lagi.
  • Desain Arsitektur seni tiga dimensi, contoh karya seperti yang terlihat dari keberagaman bentuk bangunan seperti perkantoran, rumah, sekolah, masjid dan masih banyak lagi. 
Demikian Fungsi karya seni rupa daerah berdasarkan bentuk, bahan dan teknik semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel