Ide dan Teknik Karya Seni Rupa Daerah

Ide dan Teknik Karya Seni Rupa Daerah - Ide dalam membuat sebuah karya seni sangat diperlukan, sedangkan ide tersebut dapat muncul dalam pikiran manusia dimana dan kapan saja. Ide tersebut dapat muncul melalui proses perenungan dan mungkin malah muncul ide secara spontan. Adapun yang dikatakan ide yang benar - benar baru jika ide yang muncul hasil karya orang lain yang menginspirasi.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa karya seni memungkinkan untuk mempengaruhi dimana seniman tersebut tinggal, karena kehidupan seorang seniman dengan kebiasaanya akan mempengaruhi hasil karya seni seniman dengan melalui proses pola pikir dan menghasilkan karya seni.

Perbedaan karya seni daerah satu dengan lainya akan berbeda sehingga menambah keragaman, bentuk memperkaya khasanah seni nusantara yang disebabkan karena nilai - nilai budaya daerah yang memang berbeda. 

Jika seni rupa murni hanya mengutamakan keindahanya saja lain dengan seni rupa terapan selain mengutamakan keindahan juga mengutamakan nilai pakai dari benda yang diciptakan. Sebagai contoh seni rupa terapan dapat dilihat pada seni bangun, pakaian adat, wayang, batik, serta alat rumah tangga yang memiliki keunikan tema, bentuk serta makna. 

  • Keunikan Tema
Tema dalam membuat karya seni banyak dipengaruhi oleh letak geografis, adat serta kekayaan alamnya dan hasil seni akan memiliki kekhasan serta keunikan tersendiri yang mencerminkan suatu nilai budaya daerah dimana benda tersebut diciptakan. Tema berkarya seni rupa misalnya: flora, fauna, agama, kehidupan serta khayalan dan dongeng.

  • Keunikan Bentuk
Bentuk dapat diapresiai secara visual karena bentuk merupakan bagian dari unsur seni rupa dan bentuk pada seni rupa terbentuk secara fisik. Adapun bentuk seni rupa yang dibedakan menjadi tiga jenis antara lain :

Bentuk Figuratif bentuk yang mengambil dari bentuk - bentuk alam, dan bentuk tersebut dihasilkan melalui pemikiran seseorang dan setiap kebudayaan memiliki konsep yang berbeda karena nilai memang alamnya berbeda seperti contohnya bentuk figuratif pada hewan, manusia tumbuhan serta alam benda.

Bentuk abstraktif merupakan bentuk figuratif yang telah diubah sedemikian rupa dan bentuk sehingga bentuk aslinya berubah dan menjadi sebuah bentuk yang telah digayakan misalnya seperti bentuk batik, dekorasi, wayang golek atau kulit, topeng dan sebagainya.

Wayang, topeng, dan batik menggunakan bentuk abstraktif

Ide dan teknik karya seni rupa daerah

Bentuk Abstrak merupakan bentuk nonfiguratif dan berbeda dengan bentuk alam yang mengalami eksplorasi bentuk sehingga idenya lebih tinggi dan menonjolkan esensi dari bentuk asli melalui imaji dan daya khayal seniman.

Keunikan Makna

Dengan melalui karya seni yang ada akan sehingga akan apresiasi oleh publik dan makna yang terkandung dalam karya seni akan menjadi pertanyaan oleh apresiator dan komunikasi akan dapat muncul antara penikmat dan karya seni.

Ide dan teknik karya seni rupa daerah

Selain itu juga memunculkan pemahaman terhadap diri penikmat seni.Sebagai contoh dalam hal ini adalah karya seni bangun karya dari seniman tanah Toraja Sulsel dimana Toraja memiliki rumah adat yang disebut Tongkonan yang memiliki bentuk yang unik juga makna - makna lain yang ada pada rumah adat tersebut.

Demikian ulasan seputar Ide dan Teknik Karya Seni Rupa Daerah. Dapatkan ulasan berbagai jenis karya seni budaya tradisional dan modern yang terdapat di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel