Seni Pahat Toraja Aluk Todolo Dan Tongkonan

Seni Pahat Suku Toraja "Aluk Todolo Dan Tongkonan" - Pahatan Daerah Toraja merupakan warisan budaya dengan memiliki ciri khas walaupun banyak seni pahat yang terdapat di Indonesia. Todolo adalah sebutan seni pahat yang dibuat menurut aturan adat serta kepercayaan kuno. 

Keunikan Dan Sejarah Seni Pahat Toraja 

Selain itu karakter yang paling menonjol karena ukiran Toraja hanya mengenal empat jenis warna yaitu merah, kuning, hitam dan putih. Inilah keunikan Seni Pahat Toraja. 

Berdasarkan sejarahnya seni pahat Toraja yang berupa ukiran digunakan sebagai kelengkapan dalam pembuatan rumah adat Toraja yang disebut dengan Tongkonan. Semua ukiran tersebut terbuat dari pahatan yang berbahan khusus.

Seni Pahat Toraja "Aluk Todolo Dan Tongkonan"

Model dan desain seni pahat telah mengalami perkembangan. Fungsi patung ini pada zaman dulu digunakan untuk keperluan ritual yaitu sebagai pelengkap Upacara pemakaman. Perkembangan seni pahat ini telah bermotif binatang, kehidupan sosial dan abstrak yang mistik.Baca Seni Pahat Patung Suku Dayak Dan Motif Pahatan.

Hampir dikawasan objek wisata hasil kerajinan Toraja banyak ditemui. Hasil pahatan daerah Toraja sangat menakjubkan karena seni pahat diwariskan secara turun temurun.Baca Fungsi Dan Makna Motif Ukiran Toraja Sulawesi Selatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel