Lagu dan Musik Thailand / Jenis Alat Musik

Lagu dan Musik Thailand / Jenis Alat Musik - Musik Thailand punya hubungan dengan Cina, Laos, Myanmar, Kamboja, Jawa, India dan Bali karena adanya faktor historis dan geografis. Pada masyarakat Thailand terdapat berbagai bentuk seni vokal yang ditemukan antara lain : Karn Khab lumnun, Karn khad rong yang berbentuk nyanyian, Soud, rai, hae, thes seni bercerita, eo dan kom daek atau syair pendek untuk anak - anak. Baca Belajar penguasaan teknik vokal.

Lagu - lagu keagamaan atau lagu yang bersifat sakral seperti : karp, chant, soud, thes, kron terdapat pada masyarakat Thailand. Sedangkan seperti lagu - lagu kha, karb dan lum- num merupakan lagu yang bersifat hiburan profan. 

Lagu dan musik thailand / jenis alat musik

Termasuk juga syair anak- anak dalam jenis hiburan seperti eo, plaeng klomdaek, plaeng channong dan plaeng rongrie. Pada penyajianya lagu- lagu ini menggunakan irama rakyat yang tak beraturan dan sebuah lagu rakyat Thailand selatan yang disebut dengan plang bork.

Terdapat dua tipe seni musik modern Thailand yaitu tipe klasik dan tipe populer, sedangkan untuk tipe klasik memiliki tiga kategori yang dalam penyajianya dalam bentuk ansambel antara lain kleongsai, phipat dan mahori.

Hingga sampai sekarang phiphat adalah yang paling tua dan masih eksis hingga sampai kini. Dari ketiga jenis diantaranya seperti phiphat baik secara religius atau nadanya masih sangat berpengaruh. Secara adat hanya ansambel ini yang dapat dimainkan dan phipahat eksis hingga sampai sekarang dan dapat dimainkan dalam pesta maupun dalam upacara keagamaan. Selain itu instrumen phiphat terdiri antara lain ching, krab, drum, ranad, khongwong dan pi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel