Musik Arab Musik di Asia Barat

Musik Arab Musik di Asia Barat - Tradisi musik Arab telah diciptakan daerah Arab sejak ribuan tahun yang lampau dan dimainkan oleh suku bangsa Arab yang tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Pada awal kerajaan Byzantium Abad ke - 4 hingga ke - 6  atau sejak awal abad ke - 3 atau pada masa dinasti Sassanid di Persia (224 - 651) musik Arab telah ada sejak zaman dan abad tersebut. Sedangkan seperti tulisan  atau partitur baru telah ada sejak masa dinasti Umayyah pada abad ke - 7 atau ada setelah berkembangnya agama Islam di Arab.

Dalam hal musik, setiap daerah yang terkecil hingga negara memiliki kekhasan sendiri dan berbeda dengan musik lain walaupun musik tradisi seperti musik Arab yang telah mengalami banyak perubahan setelah sekian abad. Kaya akan melodi dalam musik rakyat sehingga mampu untuk memberikan nuansa halus juga kesempatan untuk membuat berbagai variasi.

Sistem musik tradisi Arab melodinya terdiri dari sejumlah variasi melodi atau berjumlah sekitar 52 variasi atau yang disebut maqamat dan memiliki jumlah nada yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah nada yang dikenal pada musik barat, karena dalam musik Arab terdapat jarak- jarak Interval yang sangat kecil (microtones).
Cukup kompleks struktur ritme pada musik Arab karena pola ritme didasarkan pada pola ritme nonmetrical dengan jumlah pola pukulan atau 48 pola pukulan (beats) yang merupakan pola pukulan ritme seperti yang terdapat pada musik dums (downbeats), talks (upbeats) tanda istirahat juga tanda diam.

Dengan demikian untuk menangkap pola ritme musik Arab dilakukan untuk mendengar alunan musik yang cukup panjang, sehingga seorang musisi tidaklah  dengan mudah untuk memainkan pola - pola permainan pada alat musik tradisi rakyat Arab, karena pada umumnya mereka mengolaborasi serta menghiasi dengan berbagai variasi. Adapun gambaran alat musik dengan pola ritme yang sederhana atau disebut dengan samaci thaqil. Baca : Sejarah Musik Islami.


Musik Arab Musik di Asia Barat

Pembentukan pola ritme musik pada baris pertama seperti yang tampak pada gambar merupakan pola ritme yang dibentuk dari elaborasi pola dasar yang terdapat pada baris ke dua. Berikut ini terdapat beberapa instrumen musik Arab antara lain :
  • 'ud merupakan sebuah prototipe dari kecapi Eropa.
  • Nay, merupakan sejenis flute.
  • Perkusi yang berupa frame drums serta drums yang berbentuk jam pasir.
  • Mijwiz merupakan alat musik dari Lebanon.
  • Mizmar merupakan alat musik dari Mesir.
  • Rababah merupakan protipe dari biola Eropa.
Sedangkan untuk pemusik populer dari Arab diantaranya Umm Kulthum seorang vokalis dari Mesir dan Syrian Sabah Fakhri. Berikut ini terdapat beberapa alat musik Arab antara lain :
  • Alat Musik berdawai : Gesek (ghazhak, Kamancheh, Robab), Petik (Barbat, Chang, Qanun, Dotar, Saz, Tanbur, Setir, Tar, Shurangiz dan Ol), Petik Bersamaan (Santur).
  • Alat Musik Tiup : Lurus (Daray, Sona, Shehnei, Karmay, Narmeh - ney, Dozaleh). Ujung Membesar (Haft Band, Nay/ Wey, Sheypur).
  • Alat Musik Perkusi / Pukul : Dohol, Daf, Davul, Dayyereh Zangi, Nazareh, Kus, Sanj, Dammam, Udu, Tombak / Dombak.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel