Unsur - Unsur Musik Dan Cara Membuat Lagu

Unsur - Unsur Musik & Cara Membuat Lagu - Melalui penuangan dalam bentuk bunyi-bunyian yang teratur atau yang disebut nada, yang dalam hal ini fungsi musik sebagai ungkapan perasaan. Pada penggolonganya musik terbagi menjadi dua antara lain : Musik vokal dan musik instrumental

Apa itu musik vokal? musik yang disajikan oleh suara manusia sebagai pengungkapan. Apa itu Musik Instrumental? Musik yang disajikan dengan alat - alat musik saja. Jadi, hanya pengungkapanya dengan alat musik melalui nada - nada yang dirangkai sedemikian rupa. Baca Bentuk pertunjukan musik.

Unsur - unsur musik haruslah digunakan untuk musik ideal. Apa saja unsur - unsur musik? melodi, irama, ritme, birama, tangga nada dan harmoni. Lagu juga dapat diartikan suatu hasil karya musik yang dibentuk melalui rangkaian nada dengan menurut pola dan bentuk tertentu.

Unsur - Unsur Musik & Cara Membuat Lagu

Cara Membuat Lagu

Menentukan tema lagu : pokok yang menjadi landasan pengembangan lagu yang diperkuat melalui melodi sebagai elemen utama dari sebuah komposisi. contoh tema seperti cerita rakyat, kepahlawanan, cinta, dan keagamaan, pengalaman hidup dan kejadian hidup sehari - hari.

Menentukan bentuk komposisi lagu : rangkaian dari unsur - unsur lagu dengan melalui rangkaian nada- nada. Dalam hal ini diperlukan beberapa proses diantaranya adalah :
  • Menyusun nada menjadi melodi
  • Menyusun anda menjadi harmoni yang baik
  • Menyusun melodi dan harmoni
  • Menyusun frase menjadi kalimat lagu yang baik
  • Menyusun gerakan musik yang sesuai dengan bentuk komposisi yang diinginkan.
Bentuk-bentuk komposisi dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
  • Bentuk binair sederhana (AA’, dan AB)
  • Bentuk ternair (ABA, ABC dan AA’B)
  • Bentuk variasi bebas.
Menentukan tangga nada : tangga nada erat kaitanya dengan karakter lagu yang akan diciptakan sebagai contoh untuk suasana yang gembira dengan menggunakan nada mayor karena nada mayor bersifat gembira.

Menentukan ambitus atau suara : jangkauan wilayah nada dari yang terendah sampai nada yang tertinggi atau disebut ambitus yang perlu disesuaikan agar seperti yang diharapkan.

Menentukan metrum atau irama : dalam hal ini seperti menentukan tanda birama sangat penting serta tempo lagu seperti birama 2/ 4 untuk irama mars dan sebagainya. 

Menyusun melodi dan membuat syair lagu : Dengan cara yang berbeda - beda ketika komponis menciptakan lagu, melalui melodi - syair atau sebaliknya. Struktur melodi terdiri atas rangkaian periode yang disusun dari beberapa frase dan satu frase melodi akan terbentuk setidaknya terdapat dua motif yang menggambarkan watak dan karakter lagu.

Demikian ulasan seputar Unsur - Unsur Musik & Cara Membuat Lagu, mengenal unsur - unsur musik, tahap - tahap membuat lagu, teknik membuat lagu, tangga nada, tanda birama, menentukan irama  semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel