Affandi Maestro Seniman Lukis Indonesia

Affandi Maestro Seniman Lukis Indonesia - Affandi adalah seorang maestro seni lukis Indonesia dan salah satu tokoh seniman terkenal Indonesia. Sebelum menjadi seorang seniman yang handal dia belajar di sekolah sistem kolonial Belanda  mulai dari MULO, HIS dan AMS. Hal tersebut adalah sebuah peruntungan dan tidak banyak dinikmati oleh teman- teman sebayanya.

Pada awalnya Affandi juga bekerja sebagai tukang sobek karcis dan  serta pembuat iklan. Dengan bakat lukis serta minat seni mampu mengantarkan dirinya menjadi seorang pelukis besar.

Ketika melukis Affandi bergabung dengan para kelompok seniman lima di Bandung yang merupakan tempat berkumpulnya para pelukis kenamaan seperti, Barli, Hendra Gunawan, Wahdi dan Sudarso dan Affandi Adalah ketuanya.

Dalam berkarya maestro lukis Affandi banyak menemui kontroversi pada masa- masa orde baru yang pada masa itu keterlibatanya dengan kepemimpinan Lekra.

Affandi Maestro Seniman Lukis Indonesia

    Di gedung Poetra Djakarta adalah pameran tunggal pertama Affandi dan sejak itu Affandi berubah menjadi Matahari. Sebanyak 2000 karya lukisan yang dihasilkanya. 

    Karya lukisanya ketika itu banyak beredar di Benua, Eropa, Asia, Amerika dan Australia. Seniman yang gemar menyulut rokok dengan menggunakan pipa Unik tersebut pada tahun 1974 mendapatkan gelar doctor Honoris Causa dari University of Singapore.

    Dunia internasional menyebut Affandi dalam genre ekspresionisme akan tetapi Affandi tidak mengenal aliran tersebut. Aliran matahari sebelum dikenal di dunia lukis.

    Karya Affandi dalam membuat karyanya lebih mengutamakan kebebasan berekspresi. Tema yang dijadikan Affandi karyanya tentang kehidupan masyarakat kecil didasarkan jiwa kerakyatan. 

    Karya - karya Affandi dapat dinikmati di museum Affandi yang merupakan penghargaan pemerintah Indonesia akan karya- karyanya yang telah mendunia.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel