Apa Saja Fungsi Seni Rupa? Bagi Kehidupan Masyarakat

Apa Saja Fungsi Seni Rupa? Bagi Kehidupan Masyarakat - Karya seni memiliki tujuan utama agar kehidupan manusia menjadi lebih baik, indah serta menyenangkan. Karya seni pada masa silam masih sangat sederhana, demikian pula fungsi dan peranan seni masih terbatas pada keindahan.

Namun pada masa sekarang ini berkembang pesat, baik tujuan seni, fungsi maupun peranan seni dalam kehidupan.

Suatu benda akan diperlukan apabila memiliki fungsi dalam kehidupan manusia. Begitu pula benda seni khususnya seni rupa dituntut memiliki fungsi dan peranan penting untuk memenuhi kebutuhan manusia disamping fungsi keindahan. Benda atau karya seni yang memiliki fungsi indah dan bermanfaat dalam kehidupan atau fungsi guna, itulah yang disebut dengan seni terapan.

Fungsi Seni Rupa

Karya seni rupa memiliki fungsi individu, baik bagi orang yang terlibat langsung dalam penciptaan karya maupun bagi penggemar seni. Namun secara garis besar, fungsi seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, antara lain:

Fungsi Individu
Pada fungsi ini seni rupa sebagai media ekspresi diri bagi para seniman dan sebagai media apresiasi atau pemenuhan kebutuhan rasa seni atau estetika.

Apa Saja Fungsi Seni Rupa? Bagi Kehidupan Masyarakat

Seorang seniman dapat menuangkan gagasan, pikiran dan perasaan dalam bentuk karya bagi penggemar seni dapat digunakan sebagai media untuk menikmati atau mengapresiasi karya seni orang lain.

Fungsi Sosial
Seni atau kesenian memiliki fungsi sosial karena keberadaan seni mendapat dukungan aktif orang lain atau masyarakat, contoh fungsi sosial tersebut antara lain:

Fungsi Seni dalam bidang keagamaan Contohnya:

Apa Saja Fungsi Seni Rupa? Bagi Kehidupan Masyarakat

Dalam fungsi seni sebagai ini karya seni dapat menambah kesan suci, agung, sejuk damai dan bahkan menambah kewibawaan dalam beribadah dan sakral.

Fungsi Seni Untuk Rekreasi

Apa Saja Fungsi Seni Rupa? Bagi Kehidupan Masyarakat

Pada fungsi ini dapat mengendurkan syaraf - syaraf manusia yang tegang, penat, jenuh setelah berkreativitas. Kegiatan rekreasi menurut para ahli dapat sebagai sarana penyegaran kembali. Rekreasi dapat dilakukan pada ; Taman kota, Etalase pertokoan dan alam serta pantai, pegunungan serta danau dan lain- lain.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel