Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia

Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia - Mengenal tari setiap daerah di Indonesia sangatlah beragam dengan berbagai ragam yang melatarbelakangi kesenian tarian Aceh tersebut tumbuh dan berkembang di daerah. Berikut ini beberapa tari daerah Aceh Indonesia.


Jenis Tari yang terdapat di daerah Aceh antara lain sebagai berikut :

  • Tari Ula -  Ula Lembing
Tari ini berasal dari daerah Aceh Tamiang. Dengan formasi para penari mengelilingi panggung sebagai penggambaran ular. Tari ini disajikan oleh 12 ataupun lebih penari.

Penjiwaan tari ini untuk lincah dan ceria, karena tari ini disajikan dengan gerakan lincah serta dinamis. Tari ini juga merupakan salah satu tarian daerah dari kabupaten Aceh Tamiang. Lihat gambar. Busana tari Ula - Ula Lembing mnggunakan pakaian adat khas dari daerah Aceh dan pola lantai vertikal dan lurus.

Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia
  • Tari Mesekat
Tarian ini berasal dari suku Alas Aceh tenggara. Disajikan oleh anak - anak maupun orang dewasa dan kelompok dengan bentuk berbaris. Selain gerak ada juga syair yang dibacakan secara serentak serta serasi dengan irama shalawat atau qasidah.

Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia

Karya tarian ini bersifat klasik dengan menghafal ragam dan berurutan. Jumlah penari ini minimal 18 orang serta memakai baju adat. Syair - syairnya tentang himbauan kepada para masyarakat dan pemerintah tentang pembangunan.
  • Tari Bines
Tarian ini berasal dari kabupaten Gayo Lues yang merupakan tarian tradisional. Tari ini disajikan oleh 12-14 orang penari perempuan dengan gerakan menyesuaikan lagu Gayo.

Nyanyian pada tari Bines adalah tentang pembangunan dan dakwah. Urutan sajian tari Bines diawali dengan gerak perlahan dan berangsur semakin cepat dan berhenti secara serentak. 

Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia

Tarian Bines juga merupakan bagian dari tari Saman yang terkenal. Terdapat hal yang menarik dari tari bines ini adalah ketika sang penari diberikan uang oleh para pemuda dari desa undangan yang dengan menaruhnya diatas kepala perempuan yang menari.

Demikian ulasan beberapa tari tradisional yang berasal dari daerah Aceh ditinjau dari penampilan, jumlah penari serta keunikan masing - masing tarian.

Demikian ulasan seputar Tarian Tradisional Daerah Aceh Indonesia. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah Aceh dan berbagai jenis karya seni tradisional maupun modern diberbagai wilayah Indonesia dan seni budaya Mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel