Cara Membuat Karya Seni grafis Sederhana Dengan Cetak Tinggi

Cara Membuat Karya Seni grafis Sederhana Dengan Cetak Tinggi - Mencetak merupakan cara memproduksi karya yang sangat efektif sebab diperlukan waktu singkat dengan hasil banyak, sebab proses mencetak menggunakan klise atau sejenis alat cetak. Karya cetak berupa karya dua dimensi sebagai media ekspresi mencurahkan ide, gagasan bidang seni rupa.

Pada karya seni grafis terutama cetak diperlukan benda sebagai acuan atau klise dengan cara membentuk pola cetak pada papan kayu, karet, karet, gips, logam atau bahan lain. Klise diolesi tinta kemudian dilekatkan pada selembar kertas dan ditekan, sehingga tinta pada benda acuan atau klise berpindah atau tercetak pada kertas.

Berbagai macam proses mencetak antara lain: cetak tinggi, cetak dalam , cetak datar, cetak saring, mencetak lipat dan mencetak bayangan.

Cetak Tinggi
Cetak tinggi menggunakan klise atau alat cetak yang akan digunakan untuk mendapatkan karya berupa gambar dari bagian yang menonjol akan menerima tinta, sehingga jika dioleskan pada media cetak maka akan tercetak sesuai pola alat cetak. Contoh cetak tinggi misalnya stempel, potongan pelepah pisang, cukilan wortel dan sebagainya.

Contoh Proses Pembuatan Cetak Tinggi

Cara Membuat Karya Seni grafis Sederhana Dengan Cetak Tinggi

Langkah- langkah pembuatan Cetak Tinggi adalah:
  • Menggambar sketsa pada acuan cetak.
  • Memahat dan cukil dengan menggunakan pahat grafis dan bagian yang tidak kena tinta dibuang.
  • Gunakan rol untuk meratakan tinta di atas kaca.
  • Gunakan rol untuk memberikan tinta pada permukaan cetak.
  • Letakan diatas kertas acuan cetak dengan posisi cetakan menempel ke bawah.
  • Tekan permukaan kertas dengan rol untuk hasil maksimal.
  • Angkatlah kertas secara perlahan melalui permukaan acuan cetak.
  • Setelah selesai, Lihat hasil karya dari permukaan yang tampil.

Cetak dalam 
Pada cetak dalam alat cetak yang menghasilkan karya cetak adalah bagian yang dalam. Alat klise pada cetak dalam dapat menggunakan bahan seperti tembaga, seng lunak, atau plastik yang dibuat pola gambar dengan cara digores dengan alat tajam.

Bagian yang digores atau bagian dalam diolesi tinta, sedangkan pada bagian yang datar jika terkena tinta harus dibersihkan. Kertas yang akan dicetak diletakan pada permukaan klise dan dianjurkan untuk menggunakan kertas yang menyerap tinta. Pergunakan alat pres untuk mencetak.

Cetak datar
Cetak datar banyak digunakan pada perusahaan percetakan atau mesin ofset, pada mesin cetak ofset menggunakan acuan yang disebut plat. Bagian yang menghasilkan gambar mampu menangkap tinta tetapi menarik air tinta yang dioleskan  pada plat campur air dengan perbandingan yang tepat. 

Jika tinta dioleskan pada plat hanya bagian yang akan menghasilkan gambar saja yang menerima tinta dan selanjutnya pindah pada kertas cetak.

Cetak Saring 
Cetak saring disebut juga cetak sablon atau cetak stensil dengan menggunakan alat cetak dari bahan sutra sebagai tinta menembus klise, sehingga menghasilkan gambar.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel