Pengertian Seni Grafis Dan Apa Saja Jenis- Jenis Karya Seni Grafis?

Pengertian Seni Grafis Dan Apa Saja Jenis- Jenis Karya Seni Grafis? - Seni grafis atau grafika adalah suatu karya seni yang dihasilkan melalui karya seni cetak mencetak. Seni grafis merupakan karya seni dua dimensi, karena hasil seni ini memiliki bentuk bangun datar dengan dua ukuran panjang dan lebar.

Dalam penerapanya seni grafis meliputi semua karya seni dengan gambaran orisinal atau desain yang dibuat oleh seniman untuk menghasilkan berbagai proses cetak.

Seni grafis merupakan cabang seni rupa yang digabungkan dalam kategori seni kriya, sebab dalam proses berkarya seni grafis mempunyai unsur- unsur yang berkaitan erat dengan seni kriya, seni grafis yang menggunakan unsur seni kriya misalnya :

Batik cap : unsur pembentukanya sebagian sudah dibentuk terlebih dulu.
Stensil : unsur pembentukanya sudah dibentuk dalam sheet.
Cetak mencetak : cap dengan segala variasi, sablon, dan sebagainya.
Seni grafika juga banyak menghasilkan benda pakai yang terdapat di sekeliling kita, hampir dalam setiap kebutuhan. Contoh benda pakai tersebut antara lain :
  • Barang- barang sablon seperti: Badge, kaos team, spanduk, bendera lambang.
  • Barang - barang cetakan seperti: Buku, majalah koran, brosur, kotak bungkus, minuman, obat, kain printing dan sebagainya.
  • Barang- barang hasil cetak foto seperti: Foto hitam putih, foto berwarna, majalah, buku- buku dan sebagainya.
Contoh Seni Grafis yang menggunakan unsur seni kriya (stenseil) untuk dinding rumah. 

Pengertian Seni Grafis Dan Apa Saja Jenis- Jenis Karya Seni Grafis?
Contoh karya seni grafis stensil
Jenis- jenis seni grafis
Seni gfaris dapat diterapkan pada kayu, karet (stempel), tekstil, kertas dan benda lainya dengan berbagai metode berkarya, sehingga seni grafis menjadi sangat beragam dan dapat dibedakan menjadi:

Pengertian Seni Grafis Dan Apa Saja Jenis- Jenis Karya Seni Grafis?
Contoh karya seni grafis cetak cukil
  • Cetak tinggi adalah proses pemindahan tinta yang berupa gambar atau tulisan melalui permukaan klise yang menonjol, contohnya : wood cut (cukil kayu), collagrafi, stempel dan lithografi.
  • Cetak dalam adalah proses pemindahan tinta yang berupa gambar atau tulisan melalui permukaan klise yang cekung atau tergores (bagian permukaan yang  dalam), contohnya etsa, drypoint.
  • Cetak datar adalah proses pemindahan tinta yang berupa gambar atau tulisan melalui permukaan klise yang berpori- pori atau berlubang, contohnya sablon, stensil.
  • Cetak cahaya adalah cetak dengan cahaya dengan menggunakan klise yang tembus cahaya, contohnya foto, fotocopi dan lain- lain.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel