Kesenian Didong Gayo Aceh Darussalam

Kesenian Didong Gayo Aceh Darussalam - Kesenian Didong adalah tari yang berasal dari rakyat Gayo. Tari ini perpaduan antara sastra, tari dan vokal. Tari ini dikenalkan oleh Abdul Kadir To'et pertama kalinya dan dimulai sejak zaman reje Linge XIII.

Pendapat tentang tari Didong ini mendekati pengertian "donang"atau "denang" artinya nyanyian untuk menghibur hati bersama sambil bekerja.

Fungsi tari ini awalnya untuk dakwah agama Islam dengan media syair. Di dalam tar Didong terdapat nilai religius serta nilai kebersamaan dan keindahan dan sebagainya. "ceh" atau seniman Didong memiliki kelebihan dalam segala aspek berkaitan dengan fungsinya.Baca juga Tari Guel Gayo Aceh.

Perkembangan Didong


Tari ini disajikan untuk upacara - upacara adat seperti daerah lainya. Pementasan tari ini menyesuaikan dengan upacara yang dipentaskan, sehingga nilai yang hampir punah akan selalu dicari kembali untuk kesenian Didong.

Kesenian Didong Gayo Aceh Darussalam

Perubahan kesenian Didong ini setelah Jepang masuk Ke Indonesia yang digunakan untuk hiburan para tentara Jepang di tanah Gayo. Syair Didong ketika itu bertemakan sosial bernada protes terhadap kekuasaan Jepang.

Setelah kemerdekaan tari Didong digunakan untuk mengembangkan semangat gotong royong dan penggalangan dana untuk pembangunan daerah. "Saer" adalah kesenian yang muncul setelah Didong dilarang yang memiliki kesamaan dengan Didong.

  • Pemain Didong 
"Penunung" adalah untuk menyebut anggota lainya, dan kelompok kesenian terdiri dari para "ceh". Ceh ini memiliki kreativitas tinggi, seperti penguasaan lagu dan menciptakan puisi dan kelompok Didong terdiri dari laki - laki dewasa.

  • Peralatan Didong
Peralatan yang digunakan pertama kali adalah tepukan bantal serta tepukan tangan para pemain. Seiring perkembangan menggunakan seruling, harmonika serta gerak sederhana seperti gerakan badan kesamping dan kedepan.

  • Pementasan Didong
Penampilan Didong terdiri dua kelompok (Didong Jalu) dan pentas ditempat terbuka dan dilengkapi tenda semalam suntuk dengan berbalas teka- teki yang berupa lirik dengan tema yang beragam. 

Demikian ulasan Kesenian Didong Gayo Aceh Darussalam. Dapatkan pula ragam jenis ulasan seputar seni pertunjukan daerah yang berasal dari daerah Aceh tari Guel gayo, alat musik daerah dan berbagai jenis seni budaya daerah lainya yang terdapat di Indonesia baik seni tradisional maupun modern dan makna yang terkandung pada karya seni daerah Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel