Seni Teater Pantomim Definisi Teater Para Tokoh

Seni Teater Pantomim Definisi Teater Para Tokoh - Pertunjukan yang tidak menggunakan bahasa verbal pertunjukan yang dikenal sampai sekarang, sedangkan istilah pantomim adalah berasal dari bahasa Yunani yang berarti serba isyarat. Pantomim juga merupakan pertunjukan tanpa suara dan menurut Bakdi Sumanto, 1992 : 1 pantomim adalah pertunjukan bisu.

Sedangkan menurut Aristoteles dalam poetic juga memberikan pengertian muncul melalui aktivitas manusia dikarenakan gerak serta menirukan dan tidak mendasarkan pada rhytem yang secara dominan.

Dengan pertunjukan dan bahasa tubuh atau isyarat inilah yang disebut dengan pantomime (Richard Levin,1960:131). Sejak Mesir kuno dan India pantomim sudah ada dan jauh sebelum dikenal Yunani.

Kesenian ini terdapat di dinding piramida dan canda yang artinya pantomime ini lebih dikenal dahulu di Mesir dan India. Relief tersebut menggambarkan gerakan pria yang diduga bukan tarian. 

Sedangkan Charles Aubert di dalam bukunya The art of performance pada tahun 1970 juga mendefiniskan pantomim yang merupakan tentang seni pertunjukan yang diungkapkan melalui ciri dasar, yaitu ketika seseorang melakukan gerak isyarat atau secara umum bahasa bisu.

Seni Teater Pantomim Definisi Teater Para Tokoh

Pantomim adalah pertunjukan teatrikal dalam sebuah bahasa gerak. Sedangkan dalam Encyclopedia Britanica juga menjelaskan  seni yang mengandalkan olah tubuh, dan sekarang ini pantomim sebagai akting komedi dengan bahasa tubuh.

Penulis pertama pantomim Dorian yang terkenal adalah Epicharmus dan juga penulis kondang di Syracuse sejak tahun 485-467 SM dan juga memperhalus permainan pantomim sebelumnya.

Sejak Dorian sebagai bentuk awal pantomim modern, pantomim sangat identik dengan karakter para pahlawan, sifat komikal dan dewa juga jadi bahan tertawaan. 

Mulai tahun 1900-an muncul bentuk ekspresi dan gerak terbaru yang ditandai banyaknya aktor pantomim Amerika seperti Charles Spencer Chaplin atau Charlie Chaplin pada tahun 1889-1977.

Kepopuleran Chaplin ini ketika dalam film The Tramp atau si gelandangan pada tahun 1975. Penampilanya seperti jas sesak, celana kedodoran, kurang gizi, kerdil, pucat dan sebagainya. 

Perancis terdapat juga seniman pantomim yang handal yaitu Marcel Marceau yang memiliki banyak obsesi karena sering menonton tokoh - tokoh pantomim sebelumnya serta lebih cenderung kepantomim klasik.

Tokoh ciptaanya adalah Bib yang tampil dengan muka putih  yang dibawa ke Holland, Switzerland dan Belgia. Penghargaan dari Deburau Prize untuk karyanya adalah Death dawn atau mati sebelum fajar.

Penulis asing juga telah menganggap bahwa Marcell Marceau adalah Master of Mime (Ben Martin, 1978: 1) karena memang banyak karya - karyanya telah ditulisnya seperti Bib naik kereta api, Bib Serdadu, Bib sang Pawang dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel