Tari Jepin Tarian Tradisional Kalimantan Barat

Tari Jepin Tarian Tradisional Kalimantan Barat - Tari Jepin adalah tari yang berasal dari Kalimantan barat perpaduan antara kesenian agama Islam, melayu dan budaya lokal. Tari ini adalah kesenian tari dengan keunikanya tersendiri serta memiliki makna dan arti dari setiap gerakan tarianya.

Pada abad ke-13 tari Jepin kesenian ini digunakan untuk media dakwah dan tarian ini pertama kali ditampilkan di daerah Sambas Kalimantan barat dan berkembang keberbagai daerah di Kalimantan barat.

Gerakan ini diawali oleh gerakan salam pembuka serta menekankan gerakan kaki dan tangan. Gerakan kaki kiri sebagai tumpuan berulang - ulang, bergerak maju mundur dan ke kiri - ke kanan serta gerakan memutar. Gerakan ini terdapat beberapa aturan diantaranya kaki tidak boleh mengangkang dan tangan tidak boleh digerakan terlalu tinggi. Baca juga Tari Jongga Kalimantan Barat.

Tari Jepin Tarian Tradisional Kalimantan Barat

Dengan busana khas melayu ari jepin ini biasanya di tampilkan oleh seorang penari laki - laki dan perempuan. Selain itu, juga balutan kain serta celana panjang dan baju lengan panjang. Penari pria menggunakan peci hitam dan wanita menggunakan hiasan  pada bagian kepala penari.

Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini seperti perkusi, marawis dan gambus. Sedangkan lagu untuk mengiringi tari jepin adalah tentang kehidupan sehari - hari dan nilai ajaran agama islam. Baca Pertunjukan alat musik Gorontalo.

Tari Jepin ini juga telah berkembang diberbagai daerah di Kalimantan barat yang berfungsi sebagai hiburan. Sesuai dengan perkembanganya tari ini juga memberikan inspirasi kreasi baru seperti jepin lembut, kipas dan jepin tali bui. Tari tersebut tidak terlepas dari pakem tari Jepin. Tari Jepin ini juga ditampilkan untuk acara hajatan dan festival budaya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel