Tari Tradisional Cerana Kupang Nusa Tenggara Timur

Tari Tradisional Cerana Kupang Nusa Tenggara Timur - Tari Cerana merupakan tarian yang digunakan untuk penyambutan atau selamat datang. Tari ini berasal dari daerah Kupang Nusa Tenggara Timur dan penari wanita dengan membawa kotak berisi sirih dan pinang.

Di pulau Timor tari ini sangat terkenal dan Pulau Rote. Tarian ini sering ditampilkan untuk penyambutan para rombongan wisatawan selain untuk penyambutan tamu yang datang ke Nusa Tenggara Timur.

Sejarah Tari Cerana
Tari ini sejak dulu digunakan untuk penyambutan tamu atau orang yang dituakan atau sebagai penyambutan para bangsawan, sebagai penghormatan terhadap tamu. Dibeberapa daerah lainya tari ini juga populer seperti di Rote Ndao, Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara.

Apa Fungsi Tari dan Makna tari Cerana?
Sirih dan pinang merupakan simbol hati masyarakat yang ikhlas terhadap tamu atau wisatawan dan bersih penuh kasih. Sedangkan tamu yang mengunyah sirih sebagai simbol menyambut baik masyarakat, sehingga terjalin hubungan baik antara mereka.

Bagaimana Pertunjukan Tari Cerana?
Tari ini ditampilkan oleh satu orang penari pria dan 6 orang penari wanita dengan busana adat kedaerahan serta iringan musik. Gerakan para penari lebih cenderung lembut sebagai simbol kehormatan.

Tari Tradisional Cerana Kupang Nusa Tenggara Timur

Awal pertunjukan penari wanita menari dengan iringan musik dan pria bergabung dengan gerakan antara pria dan wanita berbeda. Gerakan wanita lembut dengan ditangan sirih dan pinang untuk diberikan kepada penonton, sedangkan penari pria dengan gerakan tangan direntangkan.

Alat musik Pengiring Tari Cerana
Alat musik yang digunakan adalah Sasando dengan tempo lambat dan cenderung lembut, sehingga akan terjalin hubungan harmoni antara gerakan dengan iringan sasando.Baca juga alat musik sasando.

Kostum Tari Cerana
Kostum tari ini dengan pakaian adat. Pada rambut dengan menggunakan konde dan sarung dari dada sampai kaki. Konde tersebut cerminan khas kupang serta ikat kepala yang berbentuk sabit. Aksesoris tari ini seperti kalung, gelang, dan sabuk berbentuk khas.

Penari pria dengan pakaian adat berupa baju lengan panjang kain selampang serta sarung serta menggunakan ikat kepala serta dilengkapi dengan kalung yang khas.

Demikian ulasan Tari Tradisional Cerana Kupang Nusa Tenggara Timur. Dapatkan ulasan seputar kesenian tradisional Nusa tenggara timur dan musik modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel