Alat Musik Tradisional Aceh Arbab Fungsi Dan Sajianya

Alat Musik Tradisional Aceh Arbab Fungsi Dan Sajianya - Alat musik arbab ini merupakan salah satu dari alat musik tradisional aceh yang terbuat dari alam. Bahan yang digunakan adalah kayu, dawai, kulit kambing dan tempurung kelapa.

Sedangkan bahan untuk menggesek berbentuk busur ini terbuat dari serat tumbuhan, rotan serta kayu. Penggeseknya di sebut Go arbab dan instrumen induknya di sebut arbab. Aceh juga memiliki karya kerajinan tangan.

Di Aceh besar dan aceh Barat juga Pidie alat arbab ini pernah berkembang dan diperkirakan ada sejak zaman Belanda. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi lagu tradisional dan alat musik tradisional lainya. Arbab ini sebagai pembawa lagu utama secara musikal. Pertunjukan musik arbab biasanya untuk hiburan rakyat.

Alat Musik Tradisional Aceh Arbab Fungsi Dan Sajianya

Pada sajianya musik arbab di sajikan oleh dua kelompok antara penyanyi dan pemusik. Penyanyi terdiri dari dua orang pelaku, dan memerankan wanita salah satu orang diantaranya. Fatimah Abi merupakan penyanyi yang memerankan perempuan.

Lagu - lagu yang ditampilkan dalam pertunjukan musik bermuatan humor dan lagu hikayat, Adapun contoh lagu hikayat seperti lagu Hikayat Indra Bangsawan merupakan salah satu pertunjukan lagu yang bertema hikayat dalam pertunjukan musik Arbab.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel