Alat Musik Tradisional Bangsi Aceh Sebagai Alat Musik Mistik

Alat Musik Tradisional Bangsi Aceh Sebagai Alat Musik Mistik - Alat musik Bangsi alas merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Aceh yang merupakan alat musik cara memainkanya dengan di tiup. Alat musik dari bambu ini dapat di temukan di daerah Alas, Kabupaten Aceh Tenggara .

Bangsi merupakan alat musik yang dikaitkan dengan mistik karena alat tradisional ini di buat digunakan untuk keperluan aneh yaitu ketika orang di kampung setempat meninggal dunia dan setelah ada orang meninggal dunia bangsi ini di hanyutkan di sungai.

Bangsi ini ketika dihanyutkan diikuti terus dan setelah bangsi ini diambil anak- anak oleh pembuat bangsi ini merampas bangsi dari tangan anak - anak yang mengambilnya. Karena dipercaya bangsi nantinya akan dipakai sebagai bangsi yang memiliki suara yang merdu.

Alat Musik Tradisional Bangsi Aceh Sebagai Alat Musik Mistik

Ukuran alat musik bangsi ini memiliki panjang 41 cm serta diameter 28 cm dan memiliki 7 buah lubang dan lubang tersebut semakin ke ujung semakin lebar. Lubang udara terletak dekat dengan tempat yang di tiup dan enam lubang udara fungsinya sebagai lubang nada.

Bangsi ini memiliki warna yang unik yaitu berwarna Bekhong atau alas - hitam dengan ukiran. Fungsi bangsi ini pada zaman dahulu dapat digunakan sebagai alat musik pengiring tari Landok Alun di tanah Alas Aceh.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel