Alat Musik Serune Kalee Musik Tradisional Aceh

Alat Musik Serune Kalee Musik Tradisional Aceh - Serune Kalee merupakan alat musik tradisional Aceh yang dapat dijumpai di daerah Aceh Utara, Aceh Besar, Pidie dan Aceh Barat. Alat ini dimainkan dengan alat musik Geundrang Rapai untuk iringan tari, hiburan serta menjamu tamu kehormatan pada raja pada zaman keemasan Aceh Darussalam.

Alat musik Serune Kalee adalah mengacu pada dua hal yang berbeda, pertama adalah menunjukan Serune tradisional Aceh yang bermain dengan Rapai. Sedangkan Kalee adalah nama dari sebuah Desa di Laweung, Pidie.

Alat musik ini juga dimainkan oleh orang - orang diluar Aceh seperti Minangkabau, Sumatera Barat dan Agama. Jenis musik yang digunakan setiap daerah memberikan berbagai variasi di dalam peralatan sehingga namanya bermacam- macam. 

Alat Musik Serune Kalee Musik Tradisional Aceh
Dari Berdasarkan data yang ada peralatan Serune Kalee  ini merupakan peralatan yang berasal dari Cina. Dalam penggunaanya Serune akan memiliki beberapa kesamaan seperti nada, laras, getaran dan juga volume suara dan dinamika suara.

Serune Kalee saat ini masih banyak digunakan dalam beberapa pertunjukan seni seperti dalam berbagai upacara, dan juga acara lainya Serune Kalee game musik yang telah banyak menghibur Aceh hingga saat ini.

Demikian ulasan seputar keunikan Alat Musik Serune Kalee Musik Tradisional Aceh. Dapatkan juga ulasan karya seni daerah lainya yang berasal dari Sumatera barat dan jenis karya seni budaya tradisional dan modern dengan keunikan, nilai keindahan dan berbagai makna yang terkandung baik seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel