Sejarah Perkembangan Alat Musik Tiup Tradisional Aceh Serune Kalee

Sejarah Perkembangan Alat Musik Tiup Tradisional Aceh Serune Kalee - Alat musik Serunee Kalee adalah alat musik tradisional khas daerah Aceh yang mempunyai nilai keunikan tersendiri dan berbentuk seperti alat musik klarinet (Clarinet).

Serune kalee adalah alat musik yang selalu menghiasi unsur - unsur etnik di Aceh, misalnya puisi dan juga pementasan - pementasan etnik Aceh yang digabung dengan alat musik rapai dan juga geundrang.  Baca Alat Musik Tradisional Aceh Arbab Fungsi Dan Sajianya.

Serune Kalee terbentuk dari kata 'Seurune' nama alat musik tiup aceh dan Kalee adalah nama desa yang terdapat di Kabupaten Pidie. Kalee merupakan desa asal musik Seurune atau Seurune Kalee'alat musik yang berasal dari Kalee. 

Sejarah Perkembangan Alat Musik Tiup Tradisional Aceh Serune Kalee

Alat musik serupa juga terdapat di daerah masyarakat Melayu daerah Padang. Pernahkah anda melihat tarian ular kobra India? alat tersebut hampir sama dengan alat musik yang digunakan untuk permainan ular kobra India. 

Pembuatan Seurune Kalee:
  • - Bahan kayu yang kuat serta ringan.
  • - selama tiga bulan Kayu direndam di dalam air.
  • - Iris kayu hingga menyisakan hati kayu.
  • - membentuk lubang dengan bor atau bubut dengan diameter 2 cm.
  • - Tahapan membuat enam lubang pada muka atas (interval nada). 
  • - Satu lubang pada bagian bawah membuat bunyi khas Seurune Kalee.

Sejarah Dan Perkembangan


Tiongkok dan China adalah negara asal alat musik Serune Kalee dari sebagian referensi, tetapi jarang dan hampir tidak pernah ditampilkan dalam literur China alat musik tersebut. 

Seurune Kalee telah ada sejak Islam masuk di Aceh. Adapun pemahaman yang lain alat musik tersebut berasal dari daerah lain bukan dari Tiongkok dan China, sebab Aceh pada zaman dahulu tempat pelabuhan terbuka karena letaknya yang strategis dan juga tempat transit kapal - kapal pedagang yang berasal dari berbagai negara. 

Perkembangan Islam seiring dengan perkembangan alat musik Seurune Kale dan di lestarikan hingga sekarang dan telah menjadi situs budaya masyarakat Aceh.

Demikian ulasan Sejarah Perkembangan Alat Musik Tiup Tradisional Aceh Serune Kalee. Dapatkan berbagai ulasan ragam seni budaya yang berasal dari Aceh dan seni budaya daerah dengan nilai  - nilai dan makna yang terkandung baik seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel