Alat Musik Tradisional Perkusi Tambua Sumatera Barat

Alat Musik Tradisional Perkusi Tambua Sumatera Barat - Alat Musik Tambua ini merupakan alat yang dianggap masyarakat daerah Sumatera Barat dapat mengundang keramaian atau kemeriahan terutama dalam upacara adat yang cara memainkan alat musik Tambua dengan cara di tabuh, alat musik ini termasuk alat musik perkusi yang tidak bernada.

Tambua ini juga disebut dengan tambua yang merupakan alat musik perkusi yang populer di Sumatera Barat. Alat ini sederhana dan juga dapat menimbulkan kemeriahan bagi warga masyarakat daerah Sumatera Barat.Baca Alat musik Perkusi tradisional Sumatera Barat.


Desain Alat musik Tradisional Tambua


Alat ini tergolong alat musik sederhana dan berupa satu set tambua yang terbuat dari kulit dan kayu. Kulit yang digunakan untuk alat musik ini adalah kulit kambing dengan ukuran yang cukup besar.

Terdiri dari enam buah tambur untuk satu set tambur dengan ukuran sama. alat ini dimainkan oleh para pemuda, Tambua ini berbentuk mirip dengan satu set bedug. Tambua dimainkan dengan cara bersama - sama.

Alat Musik Tradisional Perkusi Tambua Sumatera Barat

Dengan cara berbaris ketika para pemuda ini memainkan alat musik tambua ini dengan masing- masing memegang tambua. Dengan berbagai variasi irama dan terdapat pula irama tersendiri yang dihasilkan walau yang dimainkan hanya satu set alat musik perkusi dengan cara permainan dan ukuran yang sama. Tambua ini memiliki kesan gagah.

Suara yang dihasilkan dari musik tambua ini sangat riuh. Ketebalan kayu pada alat musik tambua ini berbeda - beda sehingga menghasilkan suara yang berbeda walau dengan alat musiknya sama.

Pada pertunjukan alat musik Tambua terdapat semacam pemegang komando pemimpin kelompok pemain tambua. Fungsi Pemimpin ini adalah mengomando irama permainan. Alat yang dimainkan pemimpin kelompok tambua disebut Tansa.

Alat musik tansa  memiliki ukuran yang lebih kecil yang terbuat dari seng dan alumunium dan bukan kayu dan juga kulit. Alat ini memberikan aba - aba ketika pergantian irama atau memberi pukulan khusus ketika musik dimulai dan musik selesai.

Demikia ulasan keunikan Alat Musik Tradisional Perkusi Tambua Sumatera Barat. Dapatkan pula jenis ulasan berbagai jenis karya seni budaya tradisional dan modern yang terdapat diberbagai daerah Indonesia maupun mancanegara dengan keindahan dan nilai yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel