Alat Musik Pupuik Batang Padi Alat Musik Tiup Tradisional Sumatera Barat

Alat Musik Pupuik Batang Padi Alat Musik Tiup Tradisional Sumatera Barat - Alat musik Serunai ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Alat musik Pupuik batang padi hidup dan berkembang di daerah Sumatera barat. Bahan yang digunakan alat musik  terbuat dari ruas batang padi yang sudah tua dan berbuku.

Alat Musik Batang Padi memang tergolong alat musik yang sederhana dilihat dari proses pembuatanya. Proses pembuatan batang padi ini dengan cara memilih batang padi yang sudah tua dan dipecah pada pangkal bukunya dengan cara hati - hati. Dari pecahan tersebut akan membentuk semacam pita suara yang nantinya akan menjadi sumber bunyi ketika ditiup melalui pita suara yang terbuat dari pecahan batang.

Alat Musik Pupuik Batang Padi Alat Musik Tiup Tradisional Sumatera Barat

Alat musik tiup tradisional Sumatera barat ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakatnya walau hanya alat musik yang terbuat dari batang padi. Alat ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat pendukungnya dan menyemarakan kehidupan masyarakat daerah Sumatera Barat.

Bentuk alat musik ini lebih kecil pada bagian yang ditiup sedangkan pada ujung lainya lebih lebar dengan lilitan daun kelapa yang kemudian di rangkai atau disambungkan. Selain menjadi bentuk dan unik dengan menyambung lilitan daun kelapa ini akan menghasilkan suara melengking dan dapat terdengar hingga jarak dua kilometer.

Demikian ulasan Alat Musik Pupuik Batang Padi Alat Musik Tiup Tradisional Sumatera Barat. Dapatkan pula ulasan seputar karya seni budaya daerah yang berasal dari Sumatera barat dan seni budaya tradisional dan modern dengan keunikan, nilai keindahan dan makna yang terkandung baik seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel