Alat Musik Tiup Tradisional Daerah Sumatera Barat Saluang

Alat Musik Tiup Tradisional Daerah Sumatera Barat Saluang - Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat dan terbuat dari bambu talang. Ukuran alat musik saluang ini berdiameter sekitar 3-4 cm dengan panjang 40 hingga 60 cm dan terdiri dari 4 lubang. Cara memainkan alat ini dengan cara ditiup.

Ketika saluang ini dimainkan pemain saluang dapat memainkan dengan tanpa henti mulai dari awal sampai akhir lagu. Teknik yang digunakan pemain saluang ini adalah dengan menggunakan teknik Mampasalisiahan hangok atau menyisihkan napas yang merupakan teknik pernapasan ketika meniup saluang. Baca Sejarah Alat Musik Tiup Serunee Kalee Tradisional Aceh.

Alat Musik Tiup Tradisional Daerah Sumatera Barat Saluang

Pada sajianya saluang ini di daerah Minang disajikan secara solo atau tunggal dan digunakan untuk mengiringi dendang pantun. Sedangkan pantun yang dilantunkan bertemakan seperti ratapan, sindiran, nasehat dan gurauan.

Sedangkan yang lebih unik lagi dari saluang adalah ketika saluang ini ditiup dan tanpa adanya iringan secara fungsi dapat digunakan untuk pengobatan dan kabatinan. Saluang inipun memiliki nilai filosofi tersendiri pada masyarakat Minangkabau. Pemain saluang yang terkenal dan legendaris adalah Idris Sutan Sati dan penyanyinya Syamsimar.

Demikian ulasan Alat Musik Tiup Tradisional Daerah Sumatera Barat Saluang. Dapatkan juga ulasan  berbagai jenis kesenian yang berasal dari daerah Sumatera barat dan ulasan seni budaya tradisional maupun modern dengan nilai keindahan juga makna yang terkandung yang berkembang di daerah Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel