Alat Musik Serunai Alat Musik Tradisional Tiup Sumatera Barat

Alat Musik Serunai Alat Musik Tradisional Tiup Sumatera Barat - Serunai adalah alat musik yang tumbuh dan berkembang di daerah Sumatera Barat. Alat ini terbuat dari batang padi, bambu atau kayu, tanduk kerbau dan daun kelapa. Cara membunyikan alat ini dengan cara ditiup. Serunai adalah kata yang berasal dari Shenai dan merupakan alat musik dari lembah Kasmir yang terdapat di dataran India Utara.

Berdasarkan perkembanganya alat musik shenai ini di duga sebagai perkembangan dari alat musik India Pungi yang pada umumnya dipakai dalam musik yang digunakan untuk memikat ular di India.

Alat musik ini pernah populer sebagai alat musik tradisional Minang. Di daerah Sumatera Barat dan dataran tinggi seperti daerah Tanah datar dan Lima Puluh kota dan Daerah Agam serta dibagian sepanjang pesisir Sumatera barat.

Imigran dari Minang telah mempopulerkan alat musik ini ke seluruh Indonesia dan telah dikenal dengan nama yang sama didaerah Malaysia dan juga masyarakat Banjar Kalimantan sebagai alat musik tradisional.

Alat Musik Serunai Alat Musik Tradisional Tiup Sumatera Barat


Berdasarkan fungsinya alat musik serunai ini juga dapat dimainkan dalam upacara adat setempat seperti penghulu atau upacara perkawinan dan sebagainya. Alat musik ini disajikan dengan cara solo atau perorangan. Selain untuk upacara hajatan alat musik ini juga digunakan ketika sedang memanen padi. Selain itu juga digunakan untuk iringan pencak silat Minangkabau.

Bentuk Dan Desain


Alat ini terbuat dari kayu capo ringkik serta bambu talang dengan panjang 20cm dan lubang berjumlah 4, sedangkan ukuran bambu ini dengan ukuran sebesar ibu jari tangan. Selisih lubang berjarak 2,5 cm. Sedangkan susunan nada alat musik serunai ini adalah tangga nada pentatonis do-re-mi-fa-sol.

Puput adalah merupakan bagian yang ditiup pada alat musik serunai yang terbuat dari kayu serta bambu talang dan juga batang padi tua yang disambung yang berfungsi sebagai pangkal. Sedangkan panjangnya sekitar 5cm dan terbuat dari kayu keras. Sambungan tersebut kemudian dilubangi sebagai saluran udara dan berporos dengan poros corong, jarak penyambung berbentuk corong dengan diameter 2cm.

Corong adalah ujung serunai pada bagian ujung yang membesar dan berfungsi untuk memperkeras suara. Pada bagian tersebut terbuat dari kayu gabus, sedangkan tanduk kerbau secara alami telah membentuk, sedangkan dari daun kelapa dengan cara dililitkan. 10 hingga 12 cm panjangnya dan juga garis tengah 6cm yang terdapat pada bagian pengembang.

Demikian ulasan seputar karya seni Alat Musik Serunai Alat Musik Tradisional Tiup Sumatera Barat. Dapatkan pula ulasan berbagai jenis karya seni budaya yang berasal dari Sumatera barat dan seni tradisional maupun modern dengan keunikan, makna juga nilai estetis yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel