Biografi Amir Pasaribu Komponis Dan Tokoh Musik Indonesia

Biografi Amir Pasaribu Komponis Dan Tokoh Musik Indonesia - Amir Pasaribu adalah seorang Komponis yang telah menciptakan beberapa lagu nasional Indonesia. Amir Pasaribu lahir di Siborong - borong 21 Mei 1915 Tapanuli Utara, Sumatera Utara dan wafat pada tanggal 10 Februari 2010 di Medan Sumatera Utara.

Siborong - borong merupakan sebuah kota kecil yang berdekatan dengan Haunats, Laguboti, Balige. Sejak kecil dia sudah terbiasa dengan orgel pompa. Bapaknya juga senang akan musik dan orang Tapanuli. Amir Pasaribu ini merupakan anak yang sangat berbakat musik. 

Ketika Amir bersekolah dirinya pernah dikeluarkan dari pihak sekolah karena sering makan diluar asrama pada tahun 1924. Amir pada tahun 1921 mulai masuk sekolah HIS di desa Narumandu.

Setelah dikeluarkan dari sekolahnya Amir Pasaribu akhirnya di sekolah Taja Balige dia melanjutkan sekolahnya dan sekolah dasar ELS yang merupakan milik misi katolik yang diteruskan ke HIS di Sibolga. Oleh Frater Paulus dan Frater Gustianus dirinya mendapatkan pelajaran musik biola dan piano.
Biografi Amir Pasaribu Komponis Dan Tokoh Musik Indonesia

Setelah Meneruskan sekolah ke Mulo yang ada di Tarutung dan di selesaikan di Padang pada tahun 1931. Pada tahun 1934 lulus di Bandung setelah pada 1931 masuk ke sekolah guru HIK. Ketika di HIK pada murid di beri kesempatan untuk belajar kepada guru privat di luar sekolah. 

Amir pasaribu belajar piano dari Will van Swerss dan Joan Giessens. Dia Juga belajar Cello kepada Nicolai Varvolomejef dan banyak pula guru Rusia yang datang ke pulau Jawa ketika itu. 

Jabatan direktur Sekolah Musik Indonesia (SMINDO) Yogyakarta ia raih setelah kemerdekaan pada tahun 1954 - 1957 yang sekarang menjadi AMI dan ISI Yogyakarta. Pemusik Indonesia banyak yang lulus dari SMINDO.

Amir juga pernah menjadi kepala B1 kursus jenis suara pada tahun 1957 - 1968 di Lembaga Pendidikan Guru Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan berkembang menjadi IKIP -UI dan kini menjadi UNJ (Universitas Negeri jakarta).

Pada tahun 1968 - 1980 setelah pensiun dirinya menjadi guru piano dan cello yang merupakan pusat Kebudayaan Suriname, dan menjadi guru privat piano di Paramaribodan pada tahun 1980 - 1995 dan juga seorang pemain cello Orkes Simfoni Pamaribo Suriname. Tahun 1995 menjadi importir piano Petrof dari Czeko setelah kembali ke Indonesia. Beliau Wafat pada 10 februari tahun 2010. 

Biografi Amir Pasaribu Komponis Dan Tokoh Musik Indonesia

Demikian Biografi Amir Pasaribu Komponis Dan Tokoh Musik Indonesia. Dapatkan seputar ulasan komponis lagu Indonesia dan berbagai jenis kesenian tradisional dan modern serta makna dan nilai - nilai yang terkandung pada karya seni budaya Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibuayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel