Bordiran Terkenal Bergaya Seni Bukittinggi Sumatera Barat

Bordiran Terkenal Bergaya Seni Bukittinggi Sumatera Barat - Daerah sumatera barat juga terkenal dengan karya seni yang berupa bordiran seperti jilbab, mukena, baju koko dan baju kurung dan masih banyak lagi. Hasil karya bordiran ini juga dapat anda jumpai di daerah Bukittinggi  yang merupakan sentra industri bordir. Bordir dari Sumatera Barat ini telah dipasarkan seantero nusantara dan Jakarta Khususnya di pasar Tanah Abang.

Bordir yang paling terkenal dai daerah Bukit tinggi dan menjadi ciri khas tersendiri adalah bordiran dengan bentuk lubang - lubang yang terbentuk oleh jalinan benang bordir.

Berdasarkan cara pembuatanya bordir ini sangatlah rumit dan juga menyita waktu karena seorang pembordir membutuhkan perhitungan ketika menarik sebuah benang ke kain atau bahan dasar. 

Bordiran Terkenal Bergaya Seni Bukittinggi Sumatera Barat

Apabila dalam menarik suatu benang yang akan dibordir dengan tarikan yang terlalu kencang maka kain yang terdapat disekitar kerancang akan berubah menjadi mengkerut, dan jika benang tarikanya kurang kencang maka jalinan benang tersebut akan menjadi tidak padat atau rapat dan mudah putus karena benang bordir tidak sama.

Berdasarkan proses pembuatan benang kerancang yang rumit dari pembuatan bordir ini dari kebanyakan orang menganggap bukan sekedar sebagai bordiran biasa akan tetapi sebuah karya seni yang layak dan dapat digunakan untuk hiasan rumah. Baca Hiasan Dinding String Dan Benang Bordir.

Demikian ulasan seputar keunikan Bordiran Terkenal Bergaya Seni Bukittinggi Sumatera Barat. Dapatkan pula ulasan karya seni dari daerah Sumatera barat juga berbagai karya seni budaya tradisional dan modern yang berkembang diberbagai daerah di Indonesia dan mancanegara dengan berbagai keunikan, nilai keindahan dan nilai budaya yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel