Inilah Keunikan Sulaman Ampek Angkek Bukittinggi Yang Membuat Jepang Menyerah

Inilah Keunikan Sulaman Ampek Angkek Bukittinggi Yang Membuat Jepang Menyerah - Sulaman yang berasal dari Sumatera Barat telah dikenal dan diakui diberbagai negara hasil kerajinan tangan yang berasal dari daerah Minangkabau. Kain sulaman ini memang banyak penggemar, banyak para pengunjung yang menjadikan kain sulaman ini menjadi oleh - oleh khas Minang.

Hasil dari sulaman berupa kain yang dapat digunakan untuk hiasan dinding, sampul bantal, sendal, jilbab, taplak meja dan mukena dan juga beragam jenis pakaian lainya atau sulaman yang dapat digunakan untuk keperluan dalam kehidupan sehari - hari.

Sulaman tradisional Daerah Sumatera Barat yang masih dapat dijumpai adalah sulaman Ampek Angkek. Sulaman inilah salah sulaman tradisional  dari sekian banyak jenis sulaman atau seni kerajinan di daerah Sumatera barat tepatnya di Bukittinggi. Baca Tenun Songket Silungkang Sumatera Barat.

Inilah Keunikan Sulaman Ampek Angkek Bukittinggi Yang Membuat Jepang Menyerah
Sulaman tradisional tersebut pada awalnya dibawa ke Indonesia di Sumatera Barat dan masuk ke Ampek Angkek yaitu pada tahun 1880 - an oleh para pedagang arab yang bernama Khadijah dan Maryam dan diajarkan kepada masyarakat setempat.

Sulaman tradisional ini tidak dapat disulam dengan menggunakan mesin karena rumitnya motif yang dibutuhkan, sehingga Pemerintah Jepang telah mengakui akan hal tersebut di Istana Gubernur ketika itu menawarkan bantuan teknologi sulaman ini. Jepang akhirnya menyerah karena belum ada mesin yang dapat menggantikan kerja manusia untuk membuat sulaman.

Demikian ulasan Inilah Keunikan Sulaman Ampek Angkek Bukittinggi Yang Membuat Jepang Menyerah. Dapatkan ulasan seni daerah yang berasal dari Bukit tinggi lainya dan karya seni tradisional dan modern dengan berbagai jenis keunikan, nilai keindahan dan nilai budaya yang terkandung baik seni budaya Indonesia maupun mancanagera dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel