Fungsi Dan Makna Tari Piring Tarian Tradisional Sumatera Barat

Fungsi Dan Makna Tari Piring Tarian Tradisional Sumatera Barat - Tari piring adalah tarian tradisional Minangkabau. Sedangkan fungsinya untuk ucapan rasa syukur kepada dewi padi ketika musik panen dengan hasil melimpah. Media utama yang digunakan untuk tari ini adalah dengan menggunakan piring. Gerakan tarian ini secara teratur dan cepat dan tidak terlepas dari genggaman.

Berdasarkan sejarahnya tari piring ini tidak lagi digunakan untuk persembahan para dewa sejak datangnya agama islam di Minangkabau, akan tetapi guna untuk hiburan oleh para raja atau pembesar negeri. Selain untuk upacara pasca panen tarian ini juga digunakan untuk acara hajatan.

Fungsi Dan Makna Tari Piring Tarian Tradisional Sumatera Barat
 

Gerakan Dan Makan Tari Piring


Properti yang digunakan untuk tari piring ini adalah dengan dua buah piring yang diletakan di atas dua telapak tangan dengan gerakan tari yang cepat dengan pola gerakan di ayun. Dua cincin dan dentingan piring merupakan sebuah selingan dengan pada saat jari penari menyentuh bagian bawah piring. Makna dari tari piring ini adalah memiliki nilai transendent yang tercermin pada pelaksanaan tata cara tari. 

Piring - piring tersebut disusun ke atas sebagai simbol menunjukan kearah tuhan, selain itu ini juga sebagai simbol ucap syukur kepada Tuhan.

Musik Iringan Tari Piring

Gong adalah salah satu  alat musik yang dominan dalam menentukan langkah sera gerakan penari tarian piring. Selain gong alat musik pengiring tari piring adalah rebana yang ditampilkan secara kelompok, tetapi dalam keadaan tertentu tarian tradisional ini dapat juga diiringi dengan alat musik Talempong dan Gendang.

Pola Lantai Tari Piring 

Gerakan yang disajikan tari piring terdapat beberapa jenis pola lantai. Pola lantai yang dipergunakan dalam tari piring antara lain:
  • Lingkaran besar dan kecil
  • Berbaris
  • Spiral
  • Horizontal
  • Vertikal 
  • Penempatan level bawah
  • Level sedang serta level atas 
  • Pembagian beberapa kelompok
Demikian ulasan keunikan makna, nilai keindahan dan nilai budaya serta fungsi Dan Makna Tari Piring Tarian Tradisional Sumatera Barat. Dapatkan ulasan seni budaya daerah yang berasal dari Sumatera barat dan kesenian tradisional maupun modern yang terdapat di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel