Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya

Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya - Setiap di Nusantara ini memiliki kesenian tradisional yang berupa kerajinan tangan, seni musik tradisional dan seni tari tradisional. Sedangkan seni tari dikelompokan berdasarkan jenisnya. Baca Pengelompokan jenis tarian nusantara.

Seni tradisional dari berbagai sumber adalah sebuah tarian yang tumbuh dan berkembang di daerah tertentu dan diwariskan secara turun temurun serta berpedoman luas serta berpijak pada adat istiadat setempat. Selain itu tari juga di artikan tarian yang terdapat pada masyarakat tertentu dan menjadi budaya masyarakat dan identik dengan nilai magis. 

Sedangkan Tari Tradisional yang ada di masyarakat dibagi menjadi tiga jenis antara lain :
  • Tari Rakyat Atau tari Foklasik
Tari rakyat juga termasuk jenis tari tradisional dan tumbuh serta berkembang pada kebudayaan lokal dan tari rakyat ini ada sejak zaman primitif dan terwariskan secara turun temurun. Ciri tari rakyat ini adalah memiliki unsur tari sederhana serta bernuansa sosial.

Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya

Contoh Tari tradisional rakyat antara lain : Tayub, Lengger, Orek - orek, joget, Sintren, Angguk Kubrasiwa, Buncis, Ndulalak, Rodata dan masih banyak lagi.

  • Pengertian Tari Klasik
tari ini berkembang tumbuh dan berkembang sejak zaman feodal. Tari ini berasal dari keraton yang diwariskan secara turun temurun di kalangan bangsawan. Tari ini memiliki ciri nilai estetis dan makna mendalam, pakem atau standarisasi, penampilan mewah seperti busana dan busana tari. 

Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya

Tari klasik ini Contohnya : Srimpi, bedaya, lawung ageng, Lawung alit, Gatutkaca Gandrung, Bandayuda, Bondabaya, Palguna - Palgunadi, Srikendi Bisma dan Retna Tinanding dan masih banyak lagi.

  • Tari Kreasi Baru 
Tari kreasi baru adalah sebuah tari yang disesuaikan dengan perkembangan jaman dengan tidak merubah nilai - nilai yang terkandung di dalamnya. Pakar - pakar tarilah yang menciptakan tari kreasi baru. Tokoh Pencipta tari an karyanya antara lain : Bagong Kusudiarjo dengan karyanya berjudul sauti.

Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya

Sedangkan Tari kreasi baru antara lain : Tari Merak, Tari Roro Ngigel, Tari Kupu- kupu, Tari Manipuri, Tari Ongkek Manis, Tari Roro Wilis dan Masih banyak lagi.

Demikian  Pengertian Tari Tradisional Jenis Tari Serta Contohnya Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel