Tari Sajojo Tarian Tradisional Papua

Tari Sajojo Tarian Tradisional Papua - Tari Sajojo merupakan tari yang berasal dari daerah Papua. Tari ini termasuk tari pergaulan wanita atau pria. Tari ini cukup terkenal di daerah Papua dan sering ditampilkan untuk upacara hiburan, adat dan juga acara budaya. Baca Tarian sakral musyoh Papua.

Berdasarkan sejarahnya tari Sajojo ini belum ada sumber yang jelas. Akan tetapi ada juga yang menyebutkan tari ini telah ada sejak 1990-an. Tari ini memiliki ciri yang ceria serta populer dengan gerakan yang khas dan populer di daerah Papua.

Lagu Sajojo adalah lagu yang digunakan untuk mengiringi yang bercerita tentang seorang gadis dicintai dan diidolakan dikampungnya dan nama Sajojo diambil dari lagu Sajojo.
Berdasarkan fungsinya tari Sajojo ini adalah sebagai tari pergaulan dan tarian untuk hiburan serta dimainkan oleh siapa saja dengan dimaknai tari kebersamaan yang dapat dilihat melalui ekspresi penari serta gerakan dan kekompakan.

Tari Sajojo Tarian Tradisional Papua
    Pertunjukan tar Sajojo ini jumlah penari disesuaikan dengan situasi. Penari ini berbusana tradisional khas papua dengan iringan musik Sajojo.

    Busana yang digunakan pada tari ini adalah busana khas daerah papua dan busana tradisional terbuat dari akar serta daun. Penari juga dilengkapi dengan aksesoris seperti kalung, penutup kepala dan lukisan tubuh bercorak etnis khas Papua.

    Tari Sajojo Ini masih dilestarikan hingga sekarang dengan berbagai kreasi serta variasi dari setiap pertunjukan mulai dari gerak dengan ciri keaslian geraknya.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel