Tarian Sakral Suku Papua Tari Musyoh

Tarian Sakral Suku Papua Tari Musyoh - Seni dan kebudayaan memang dua kata yang selalu berkaitan dan berhubungan. Di setiap daerah di Indonesia  memiliki berbagai jenis kesenian dengan yang berbeda sesuai dengan latar belakang budaya dari masing - masing daerah. Suku yang ada didaerah papua sama halnya dengan daerah lain yang memiliki kesenian tersendiri, diantaranya adalah tari Musyoh.

Tari Musyoh ini merupakan tari yang dianggap sakral oleh suku Papua. Tari ini digunakan untuk upacara ritual seperti mengusir para arwah roh yang meninggal seperti warga Papua kecelakaan dan meninggal dunia. Suku Papua percaya arwah yang meninggal karena kecelakaan, sehingga disajikan tari Musyoh dan arwah yang meninggal akan tenang. Baca Tari Tradisional Papua.

Tarian Sakral Suku Papua Tari Musyoh
    Selain itu, tari Musyoh ini juga digunakan untuk tarian penyambutan tamu atau sebagai wujud ucapan tari selamat datang. Tari ini ditampilkan dengan gerakan ritmis dan dinamis sebagai cerminan kegembiraan hati masyarakat Suku Papua. Pertunjukan tari ini ditampilkan kelompok penari pria dengan busana adat Papua properti tameng dan juga tombak.

    Gerakan tari Musyoh ini identik dengan gerakan lincah dan energik seperti gerakan tombak dan tameng dan juga kadang - kadang tarian dengan iringan nada dan juga teriakan yang khas dalam tari Musyoh.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel