Tari Soya Soya Ternate Maluku Utara Properti Dan Pertunjukan Tari

Tari Soya Soya Ternate Maluku Utara Properti Dan Pertunjukan Tari - Tari Soya ini merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Kayoa Maluku Utara. Tarian ini menggunakan kostum pakaian prajurit kesultanan pada jaman dahulu dengan properti ngana - ngana atau perisai sebagai properti tari.

Tari tradisional Soya Soya merupakan salah satu tarian tradisional yang terkenal di Maluku Utara dan ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu dan juga perayaan adat serta pertunjukan seni dan festival budaya.

Sejarah Tari Soya Soya merupakan tari yang digunakan untuk mengobarkan semangat prajurit ketika menyerbu kesultanan Ternate ke Benteng Nostra Del Resario atau benteng kastela yang ketika itu dikuasai portugis.

Penyerbuan tersebut saat itu dipimpin oleh sultan Baabullah ketika menyelamatkan ayahnya yaitu Sultan Khairun pada saat itu dibunuh secara kejam oleh tentara Portugis. Pada saat itu kebangkitan masyarakat pertempuran terjadi ketika mengusir para penjajah portugis yang menduduki tanah mereka, dan tarian kesultanan ini untuk mengabadaikan persitiwa heroic tersebut dengan tari Soya Soya. 

Tari Soya Soya ini adalah memiliki makna perjuangan para pahlawan ketika mengusir penjajah yang diduduki mereka. Bagi masyarakat tari ini adalah sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan yang mempertahankan tanah air. 

Tari Soya Soya Ternate Maluku Utara Properti Dan Pertunjukan Tari
    Pertunjukan tari ini ditarikan oleh penari pria yang terdiri dari 5 orang. Penari tersebut berperan sebagai kapitan yang memimpin tari. Diiringi musik pengiring gerakanya memainkan perisai ngana - ngana untuk menari.

    Tari Soya Soya ini lincah, dinamis dan penuh semangat. Gerakan tangan dengan memainkan perisai dan juga gerakan kaki yang bervariatif dan dapat dilakukan dengan cepat. Formasi tarian ini kompak yang menceritakan peristiwa dan memiliki filosofi.

    Alat musik yang digunakan untuk iringan tari ini adalah seperti tifa, saragai dan juga tawa - tawa. Irama yang digunakan untuk menggambarkan genderang perang yang dipadukan dengan pola gerakan tari. Baca keunikan gerakan tari Yospan.

    Kostum yang digunakan pertunjukan tari Soya - Soya adalah kostum khusus. Dengan baju taqoa, kain rok pendek dan juga celana panjang dan pada bagian kepala dengan ikat kepala yang disebut dengan tuala lipa atau lipa kuraci.

    Perisai atau salawaku merupakan properti penari yang ada ditangan kiri dan ngana - ngana ditangan kanan. Ngana - ngana ini merupakan alat menari dari bambu dengan hiasan daun palem serat ikat berwarna. Sedangkan semacam giring - giring dipasang pada bagian samping ngana - ngana.

    Demikian seni Tari Soya Soya Ternate Maluku Utara Properti Dan Pertunjukan Tari. Dapatkan berbagai jenis ulasan seputar karya seni yang berasal dari Maluku dan kesenian daerah lainya yang terdapat diberbagai daerah Indonesia dan ragam ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel