Tari Yospan Tarian Tradisional Papua Dan Pertunjukan Serta Keunikan Gerak

Tari Yospan Tarian Tradisional Papua Dan Pertunjukan Serta Keunikan Gerak - Tari Yospan adalah merupakan tarian tradisional Papua dan merupakan tarian pergaulan masyarakat Papua dan ditarikan oleh pria dan wanita. Tari ini terkenal di daerah pesisir Papua.

Berdasarkan Sejarahnya tari Yospan ini merupakan gabungan antar dua tarian rakyat Papua tari Yosim dan tari Pancar. Ada kemiripan antara tari Yosim dengan tari Poloneis tarian dansa Eropa. Sedangkan tari Yosim berasal dari daerah Pesisir Papua.

Tari pancar sendiri merupakan tari yang berkembang di daerah manokwari, Biak dan juga Numfor. Tarian ini juga disebut Tari Pancar gas dan menyingkatnya dengan Tari Pancar yang terinspirasi gerakan akrobatik pada masa Penjajahan Belanda. Tari ini sesuai perkembangan jaman lebih kaya dan variatif.

Fungsi Tari Yospan ini seperti fungsi tari tradisional lainya seperti untuk hiburan dan acara penyambutan budaya. Tarian ini juga disebut tari pergaulan dan persahabatan masyarakat bagi pemuda dan pemudi. 

Tari Yospan Tarian Tradisional Papua Dan Pertunjukan Serta Keunikan Gerak

    Pertunjukan tari Yospan ini secara berkelompok dan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga secara masal. Tari ini juga diiringi lagu daerah yang khas.

    Gerakan tari Yospan bervariatif seperti tari pancar gas, jef, gale - gale, pacuk tiga, seka dan gerakan lain. Tari ini didominasi gerakan enerjik serta penuh semangat dan harmonis.

    Iringan yang digunakan tari Yospan adalah dengan menggunakan alat musik seperti gitar, stem, ukulele, bass, dan tifa. Nyanyian lagu dinyanyikan oleh para penari. Sedangkan lagu yang dibawakan adalah lagu tradisional Papua. 

    Busana tari yang digunakan adalah kostum tari tradisional Papua. Dengan busana tradisional yang terbuat dari tumbuh - tumbuhan dan kini telah dikreasikan dengan kain. Penari juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti lukisan penutup kepala, kalung dengan corak khas Papua.

    Sesuai perkembangnya tari Yospan kini terus dilestarikan oleh masyarakat disana dengan berbagai variasi dalam seni gerak dan juga kostum. Tari ini juga ditampilkan dalam berbagai upacara adat dan juga festival budaya.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel