Tas Noken Dari Papua Dan Cara Pembuatanya

Tas Noken Dari Papua Dan Cara Pembuatanya - Pulau Papua merupakan pulau yang terletak di daerah paling timur Indonesia. Dengan wilayahnya 3 kali lipat luas wilayah pulau Jawa. Selain kekayaan wisata Papua juga memiliki hasil khas kerajinan tangan.

Kerajinan tangan tersebut adalah Noken yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Tas Noken ini juga merupakan tas khas masyarakat Papua. Bentuk tas Noken ini adalah kantong yang terbuat dari tumbuh - tumbuhan seperti kulit kayu dan dianyam sedemikian rupa dan dapat digunakan sebagai tempat barang.

Tas Noken ini oleh masyarakat Suku Papua biasanya diletakan diatas kepala untuk membawa hasil bumi. Hampir seluruh masyarakat suku Papua ini dapat membuat kerajinan Noken. Baca Juga Tari daerah Papua Tari Sajojo Tarian Tradisional Papua.

Terdapat 250 Suku etnis serta bahasa yang ada di papua dengan kerajinan tangan yang khas dari setiap daerahnya. Tas Noken ini juga digunakan untuk kenang - kenangan pada tamu.

Tas Noken Dari Papua Dan Cara Pembuatanya

Cara Membuat Tas Noken

Dengan menggunakan kulit kayu yang terdapat dihutan dan kemudian ditumbuk serta dilakukan proses pengawetan dengan cara merendam serat kayu dalam air agar lebih kuat.

Selanjutnya kulit kayu tersebut dipilin sehingga menjadi benang dan berbentuk seperti kecil. Kemudian  dibentuklah suatu cincin dan di ikat menjadi sampul mati ketika tali kecil dianyam. 

Agar tas noken ini lebih menarik dapat juga diberi hiasan seperti produk noken daerah Paniai. Hiasan tersebut dengan menggunakan pohon anggrek yang berwarna hitam atau kuning emas. Noken adalah berbahan ramah lingkungan. Selain itu noken ada juga yang terbuat dari benang wol dan katun.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel