Tenun Songket Pandai Sikek Sumatera Barat Dan Nilai - Nilai Yang Terkandung

Tenun Songket Pandai Sikek Sumatera Barat Dan Nilai - Nilai Yang Terkandung - Tenun Pandai Sikek adalah tempat atau wilayah pengarjin tenunan yang terdapat di daerah Sumatera Barat. Cara membuat tenunan ini dengan menggunakan tangan dan menggunakan bahan benang katun serta emas ditenun diatas alat yang disebut dengan panta, sehingga menghasilkan hasil tenunan yang disebut dengan Bacatua atau Balapak. Nama - nama kain tenun ini pada zaman dahulu adalah pakaian datuk- datuk, raja- raja dan putri- putri.

Hingga saat ini kepandaian menenun di daerah ini terus dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakat Pandai Sikek. Hingga sekarang motif tenunan yang sudah berusia ratusan tahun tetap dipertahankan dan diminati berbagai kalangan luar atau dalam negeri.

Pembuatan kain tenun ini sangat beragam seperti kerajinan perlengkapan untuk upacara perkawinan, saruang balapak, selendang songket, saruang batabua, selendang batabua tingkuluak tanduak. Baca
Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat.

Tenun Songket Pandai Sikek Sumatera Barat Dan Nilai - Nilai Yang Terkandung

Nilai pada motif Pandai sikek ini bagi masyarakat Sumatera Barat adalah kesakralan, ketekunan, keindahan dan ketelitian serta kesabaran. Motif tersebut terdapat pada motif kain songket.

Pada acara upacara tertentu atau peristiwa tertentu kain digunakan, dan merupakan sebagai cerminan nilai kesakralan seperti upacara hajatan pernikahan dan batagak gala atau penobatan penghulu.

Keindahan yang tercermin pada kain ini adalah pada ragam hias motif yang sedemikian rupa. Sedangkan untuk nilai ketekunan, kesabaran dan ketelitian tercermin pada proses pembuatan yang memerlukan nilai tersebut tanpa kesabaran, ketelitian dan ketekunan. Baca Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat.

Demikian ulasan Tenun Songket Pandai Sikek Sumatera Barat Dan Nilai - Nilai Yang Terkandung. Dapatkan ulasan seputar seni budaya yang berasal dari daerah Sumatera barat dan tentang keunikan, nilai keindahan, nilai budaya karya seni budaya tradisional dan modern baik seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel