Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat

Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat - Kerajinan tangan yang berasal dari daerah Sumatera barat memang sangat beragam mulai dari proses membuat dan bahan yang digunakan untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang indah dengan motif- motif yang beragam pula.

Selain tenunan songket Pandai sikek juga terdapat tenun yang disebut dengan Silungkang merupakan daerah penghasil tenunan yang terkenal karena motifnya yang rumit yang merupakan sebuah keistimewaan pada ragam yang diciptakan dengan tangan kreatif.

Kebanyakan para pembeli tenun ini berasal dari Malaysia dan Singapura seperti songket batabua, songket ikat, penuh, benang dua dan juga songket selendang lebar. Baca Mengenal Kerajinan Tangan Minangkabau Sumatera Barat.

Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat

Secara turun temurun kemahiran menenun dipertahankan oleh masyarakat Silungkang, sehingga menghasilkan karya baru seperti hasil songket produk jenis lain seperti, taplak meja, gambar dinding, baju wanita, permadani gambar, baju kursi, bantal, kain lap dapur, bahan kemeja, sapu tangan, bahan tenun diagonal dan sebagainya. Pada awalnya songket silungkang hanya sampai pada produk sarung dan kain saja.

Berdasarkan sejarahnya silungkang ini telah merambah di Brussel Ibu kota Belgia di gelanggang Internasional pada Pekan Raya Ekonomi. Dari kampung melayu oleh Ande Baensah yang mendemonstrasikan cara bertenun ketika itu. Silungkang dan Bali merupakan daerah peserta di Indonesia yang mengikuti Pekan raya Ekonomi. Baca Tenun Songket Pandai Sikek Sumatera Barat Dan Nilai - Nilai Yang Terkandung.

Demikian ulasan keunikan Tenunan Songket Silungkang Sumatera Barat. Dapatkan pula ulasan jenis karya seni daerah yang berasal dari Sumatera barat dan seni tradisional dan modern juga nilai keindahan, keunikan dan makna yang terkandung baik yang terdapat karya seni budaya Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel