Alat Musik Bambu Hitada Halmahera Maluku Utara Yang Tidak Banyak Diketahui

Alat Musik Bambu Hitada Halmahera Maluku Utara Yang Tidak Banyak Diketahui - Musik Bambu merupakan musik tradisional yang melalui proses panjang antara interaksi manusia dengan alam. Alam merupakan sumber sebuah inspirasi berbeda, sehingga musik yang dihasilkan berbeda - beda bukan pada alat musik yang digunakan tetapi juga pada bunyi - bunyianya.

Musik tradisional bukan hanya digunakan untuk berbagai hiburan melainkan oleh masyarakat setempat digunakan untuk memegang teguh suatu tradisi untuk berkomunikasi dengan Tuhan seperti musik bambu hitada yang terdapat di daerah Maluku. 

Bambu bagi masyarakat Halmahera tidak hanya untuk pembuatan rumah, tiang, pagar, rakit sungai dan juga permainan bambu gila, melainkan juga digunakan sebagai alat musik. Kesenian dengan properti bambu sebagai peralatan utama yang terdapat di Halmahera disebut dengan musik Bambu Hitada atau Hitadi.Baca

Musik bambu Hitada ini merupakan hasil kreativitas selain sebagai hiburan, akan tetapi juga digunakan untuk upacara hajatan oleh masyarakat setempat. Seiring perkembangan zaman kini musik bambu hitada mulai tersisih. 

Kini musik tradisional juga telah mengalami reduksi mulai dari musik sakral profan kini berfungsi untuk kepentingan upacara dan tumbuh kembang musik hitada hanya terdapat di ranah sakral profan. Baca Tari Bambu Gila Maluku Utara.

Alat Musik Bambu Hitada Halmahera Maluku Utara Yang Tidak Banyak Diketahui


  • Memainkan Alat Musik Hitada 
Ruas Bambu yang terdiri dari batangan bambu. Batangan bambu ini terdiri dari dua ruas dengan panjang ukuran 1,75 m. Bambu yang tekah dilubangi ini akan menghasilkan nada tone. Panjang dan ukuran bambu yang berbeda menghasilkan nada yang berbeda.

Cikir, Merupakan bagian yang terbuat dari batok tempurung yang utuh yang diisi dengan kerikil bulat di dalam isi batok kelapa atau kacang hijau yang kering.

Beberapa Cuk dan beberapa buah biola.

Karung Goni, Pada saat bambu hitada dimainkan diatas ubin alat ini dibutuhkan sehingga batang bambu tidak mudah rusak ketika dibenturkan.

Personel pemain musik bambu hitada ini beranggota lima hingga tiga belas orang, semakin banyak orang akan menghasilkan suara yang semarak. Pemainya laki - laki dan bila ada perempuan dijadikan vokalis dan bukan pemain alat musik.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel