Keunikan Bosara Dan Tari Paddupa Bosara Sulawesi Selatan

Keunikan Bosara Dan Tari Paddupa Bosara Sulawesi Selatan - Tari Paduppa Bosara merupakan salah satu tari tradisional daerah Sulawesi Selatan. Tari Bosara ini adalah sebuah penggambaran orang bugis bila kedatangan tamu selalu menghidangkan bosara Bosara adalah sebuah wadah kue atau lauk tradisional yang ditata rapi pada meja Oshin

Bosara adalah piring khas Bugis, Makasar dan Sulawesi Selatan. Bahan Bosara ini terbuat dari besi dengan kobokan besar dan dilengkapi dengan penutup. Kobokan tersebut dibalut dengan warna, biru, merah, hijau atau kuning. Bosara adalah alat yang digunakan dalam upacara adat tradisional  dan juga simbol adat daerah Sulawesi Selatan.

Seperti tarian tradisional di daerah lain tari Paduppa Bosara pada jaman dulu digunakan untuk menyambut tamu dan untuk keperluan hajatan dan selalu menggunakan alat tradisional Bosara. Tradisi ini hingga sekarang masih berkembang.

Keunikan Bosara Dan Tari Paddupa Bosara Sulawesi Selatan

Bosara meliputi bentuk piring yang diatasnya di beri alas kain dengan rajutan dari wol dan diatasnya diletakan piring sebagai wadah kue cucur, kue lapis, brongko dan biji nangka yang sebagian besar terbuat dari tepung beras.

Pertunjukan tari bosara sekarang ini telah dikembangkan lagi oleh masyarakat Bugis. Busana yang digunakan adalah busana adat Bodo dilengkapi dengan perhiasan, hiasan rambut, gelang motif bunga, kalung rantai motif bunga dan juga bando, anting dan juga hiasan pinggiran lengan yang terkesan glamour.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel