Keunikan Kerajinan Akar Pohon Gembol Kendari

Keunikan Kerajinan Akar Pohon "Gembol" Kendari - Selain kerajinan Kendari Werk terdapat terdapat kerajinan yang terbuat dari akar kayu yang disebut dengan kerajinan gembol. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan Gembol ini dari aneka akar pohon besar yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Berdasarkan sejarahnya kerajinan merupakan warisan tentara Jepang ketika menguasai Provinsi Sulsel yang melihat karena di Provinsi tersebut terdapat banyak kayu yang bervariasi.

Ragam Jenis kayu yang ada di provinsi tersebut menginspirasi untuk membuat hasil kerajinan Gembol yang hingga sekarang masih diproduksi oleh Masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Keunikan Kerajinan Akar Pohon "Gembol" Kendari

  • Keunikan Kerajinan Gembol
Keunikan Kerajinan gembol ini berdasarkan pemilihan akar kayu yang berkualitas dengan bentuk- bentuk yang unik. Para pengrajin gembol kayu memilih kayu yang terbentuk secara alami dan menentukan tekstur. 

Selanjutnya akar kayu yang telah dikerjakan sedemikian rupa, dipoles dan diberi warna agar menghasilkan karya sesuai yang diinginkan para pengrajin. 

Hasil Karya kerajinan gembol tersebut antara lain meja, kursi, jam dinding, asbak dan juga ragam ukiran yang terbentuk menyerupai hewan dan juga kerangka manusia. 

Karya Kerajinan ini menjadi sebuah bisnis yang berpusat di kota Kendari di Jalan Chairil Anwar, Wua- wua. Harga kerajinan Akar pohon Gembol juga sangat beragam sesuai dengan keunikan dan keindahan karya seni kerajinan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel