Alat Musik Daerah Sulawesi Selatan Dan Cara Membunyikan

Alat Musik Daerah Sulawesi Selatan Dan Cara Membunyikan - Berikut ini adalah beberapa alat musik yang terdapat di daerah Sulawesi Selatan. Berdasarkan bentuk, dan cara membunyikan.

  • Alat Musik Alosu 
Alat musik tersebut berupa sebuah kotak yang didalam kotak tersebut di isi biji- bijian dan dapat juga di isi batu kecil. Cara membunyikan alat ini dengan cara digoyang. Alat ini terbuat dari anyaman daun kelapa. 

  • Alat Musik Gendang Bulo
Gendang Bulo ini termasuk alat musik perkusi yang cara memainkanya dengan di pukul pada membran. Masyarakat Makassar menyebutnya dengan Gendang Bulo dan Masyarakat Bugis menyebutnya dengan Idiokardo. 

  • Alat Musik Ana' Becing
Alat musik tradisional ini terbuat dari logam dan memiliki bentuk unik yang berbentuk seperti dayung. Cara membunyikan alat musik ini dengan memukulkan satu sama lain. Alat musik ini dimainkan pada event karnaval, parade pesta dan Upacara adat. 

  • Alat Musik Keso-Keso
Alat musik jenis keso -  keso banyak terdapat di daerah Indonesia. Bentuk dan cara memainkanya seperti rebab, yaitu dengan cara di gesek yang terdiri dari dua dawai. 

Alat Musik Daerah Sulawesi Selatan Dan Cara Membunyikan

  • Alat Musik Suling Lembang 
Alat Musik ini adalah sebuah alat musik tiup dan cara membunyikan sama dengan membunyikan suling. Bentuk suling ini sangat besar dengan panjang sekitar 50 hingga 100 cm dan diameter 2 cm. Terdapat 8 lubang nada yang digunakan untuk mengatur bunyi suling lembang. 

  • Alat Musik Puwi - Puwi
Alat musik ini merupakan sebuah alat musik cara memainkan dan bentuknya seperti terompet yang berasal dari Sulawesi selatan. Cara membunyikan alat musik ini sama dengan alat musik daerah Sumatera, Sronen Jatim dan juga Terompet Jawa Barat. 

  • Alat Musik Rebana atau Terbang
Alat musik ini tentunya tidak asing lagi, Rebana adalah sebutan masyarakat Bugis, sedangkan Bagi Masyarakat makassar adalah terbang. Alat musik ini juga dimainkan di daerah Bugis dan Makassar. 

  • Alat Musik Basi – Basi atau Klarinet
Basi- Basi adalah sebutan bagi masyarakat Bugis, sedangkan masyarakat Makassar menyebutnya dengan Klarinet. Alat musik ini cara membunyikanya dengan ditiup. Pada bagian dalam alat musik ini terdapat membran rangkap. 

  • Alat Musik Kecapi Atau Kacaping
Alat musik ini terdiri dari dua dawai yang terkait pada kayu yang berbentuk seperti perahu. Alat musik ini ditemukan pertama kali oleh pelaut Bugis. Alat musik ini dimainkan dalam upacara adat dan fungsi sosial lainya.

Demikian ulasan tentang alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi selatan dengan berbagai macam bentuk, cara membunyikan dan bunyi yang dihasilkan dari alat musik Sulawesi selatan. Dapatkan seputar ulasan seni budaya lainya yang berasal dari Sulawesi selatan dan karya seni budaya tradisional maupun modern, nilai keindahan, nilai - nilai budaya yang terdapat di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel