Patung Pajonga Dg.Ngalle Bukan Simbol Semata

Patung Pajonga Dg. Ngalle Bukan Simbol Semata - Pajonga Dg. Ngalee adalah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Kabupaten Takalar dan merupakan tokoh salah satu penandatangan memorandum yaitu bergabungnya Sulawesi Selatan dengan Negara kesatuan RI bersamaan dengan Raja Luwu dan Raja Bone. 

Patung tersebut adalah sebagai Monumen untuk mengenang para jasa - jasanya. Patung ini terletak di pabrik gula Takalar yang terdapat di Kabupaten Gowa di depan pintu gerbang Kabupaten Takalar.

Patung tersebut terbuat dari cor beton dengan warna cat perunggu dengan ketinggian 6 meter dan landasan patung setinggi 2 meter dan sebuah landmark baru bagi Kabupaten Takalar. Baca Patung Pahlawan Datu Lolong Lasut Manado.

Patung Pajonga Dg.Ngalle Bukan Simbol Semata

  • Kisah Singkat Pembuatan Patung
Kisah pembuatan patung ini mistis dari berdasarkan informasi, ketika pembuatan patung akan dimulai dari salah satu anggota tim perancang patung. 

Dari salah satu perancang patung dalam mimpinya diperintahkan untuk merubah posisi patung yang semula sejajar sesuai dengan sketsa menjadi kaki kanan kedepan seperti orang melangkah. Pembuatan kepala Patung juga terdapat perubahan yang terjadi pada tim pematung yang mencium bau kemenyan. Bau kemenyan tersebut keluar melalui bagian dan batok kepala patung dan tercium di seluruh tempat area pematung. 

Patung pahlawan ini bukanlah mengindikasikan sebagai simbol semata dan merupakan sebuah perwujudan perjuangan seorang Pajonga Dg, Ngalle dan juga bila dirunut dari para pemakai jalan yang mengakui sering mencium bau kemenyan. Makam Pajonga Dg. Ngalle Karaeng Polongbangkeng berjarak sekitar 100 meter dengan patung. Baca Sejarah Awal Dan Perkembangan Seni Patung Di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel