Pertunjukan, Makna dan Fungsi Tarian Tradisional Gorontalo Dana - Dana

Pertunjukan, Makna & Fungsi Tarian Tradisional Gorontalo "Dana - Dana" - Daerah Gorontalo Memiliki banyak pemandangan yang terdiri dari pegunungan dengan panorama pegunungan yang menakjubkan.

Provinsi Gorontalo dengan nuansa alam yang mempesona ini memiliki berbagai kesenian tari tradisional yang tumbuh dan berkembang di daerah Gorontalo. Berikut ini adalah tari tradisional Gorontalo

Tari Dana - Dana 
Tarian ini berasal dari bahasa daerah Gorontalo daya- dayango yang berarti menggerakan seluruh anggota badan tubuh dengan berjalan atau sambil berjalan. 

Gerakan tari ini dinamis dan merupakan tari pergaulan Gorontalo dan dilakukan oleh 2 sampai 4 orang secara berpasangan laki - laki dan perempuan dengan gerakan yang sesuai dengan irama musik iringan tari dana - dana. 

Pertunjukan, Makna & Fungsi Tarian Tradisional Gorontalo "Dana - Dana"

Iringan tari ini menggunakan alat musik gambus dan juga rebana. Lagu yang digunakan bertema tentang percintaan dan juga nasehat tentang kehidupan remaja. Makna tarian dana - dana ini adalah sebuah gambaran remaja yang energik dengan kehidupanya dan keakraban pergaulan remaja. Baca Alat musik tradisional Gorontalo.

Berdasarkan sejarahnya tari dana - dana ini dikenal dengan pengaruh agama Islam ke Gorontalo dan digunakan sebagai sarana dakwah di Gorontalo. 

Sedangkan berdasarkan fungsinya tari dana - dana ini terbagi menjadi dua fungsi, yaitu tari penyambutan dan tari perayaan. Selain itu, tari ini juga sebagai daya tarik para wisatawan.
Seiring perkembanganya tari dana - dana ini  telah mengalami perubahan dengan modifikasi agar tarian ini dapat diterima oleh remaja masa kini. Ada juga tari dana - dana ini dikolaborasikan dengan tari Cha - cha. Tarian dana - dana klasik ini dibagi menjadi dua jenis tari dana- dana klasik dan modern.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel