Pertunjukan Tari Polopalo Dan Saronde Tari tradisional Gorontalo

Pertunjukan Tari Polopalo Dan Saronde Tari tradisional Gorontalo - Selain tari dana - dana di daerah Gorontalo juga terdapat tarian Polopalo. Polopalo seni dan budaya tarian tradisional yang berasal dari Gorontalo.

Berdasarkan pertunjukanya tarian Polopalo ini adalah dengan properti alat musik Polopalo. Tarian Polopalo di Gorontalo di bedakan menjadi dua jenis yaitu tari tradisional dan tari polopalo modern.

Perbedaan tari Polopalo tradisional dan modern adalah pada jumlah penari. Tari Polopalo tradisional ditampilkan oleh penari tunggal dan dengan iringan alat musik yang dimainkan sendiri. Sedangkan tari Polopalo modern ditampilkan secara kelompok dan menggunakan aransemen pada iringan musiknya. 

Pertunjukan Tari Polopalo Dan Saronde Tari tradisional Gorontalo



Tari Saronde

Tari Saronde sering ditampilkan pada upacara adat dan merupakan tarian tradisional masyarakat Gorontalo. Tarian ini sering ditampilkan untuk keperluan upacara hajatan masyarakat warga Gorontalo.

Pada Upacara pengantin pada pertunjukanya selendang yang dikalungkan oleh pengantin kepada penari melalui iringan musik rebana juga nyanyian vokal, dan kemudian dengan menggunakan tempo lambat dengan tempo yang semakin cepat. 

Pertunjukan Tari Polopalo Dan Saronde Tari tradisional Gorontalo

Tari Saronde juga dilengkapi selendang sebagai atribut dan disajikan penari pria dan wanita dengan gerakan khas. Tari ini juga dipentaskan dalam berbagai keperluan seperti penyambutan tamu, festival budaya dan juga pertunjukan seni.

Gerakan tari Saronde lebih banyak pada gerakan kaki, serta tangan kedepan secara bergantian. Gerakan berputar dengan memainkan selendang, dan formasi penari yang berubah yang menggambarkan kebahagiaan serta keceriaan penari. 

Iringan pertunjukan tari saronde menggunakan alat musik rebana dan juga nyanyian vokal. Lagu yang dilantunkan untuk iringan ini adalah lagu khusus tari Saronde.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel